Sukses

Jangan Lewatkan, Summer Universiade Musim Panas 2017 di Taiwan

Liputan6.com, Jakarta - Sea Games 2017 diikuti 11 negara peserta (ASEAN dan Timor Leste) dengan tuan rumah Malaysia. Indonesia sangat menaruh perhatian atas Sea Games ini. Di saat yang sama, juga ada Summer Universiade yang diselenggarakan di Taipei dengan diikuti atlet pelajar dari 144 negara, termasuk Indonesia, sehingga perlu diberi perhatian dan semangat untuk atlet dari Indonesia ini.

Universiade adalah pesta olahraga yang diselenggarakan Internasional University Sport Association sejak tahun 1959. Acara tersebut dibagi dua, yakni Universiade musim panas dan Universiade musim dingin, yang diselenggarakan dua tahun sekali.

Pemenang dari tiap Universitas setiap negara akan mengikuti Universiade ini, boleh dikatakan sebagai olimpiade kecil. Kali ini adalah Universiade musim panas yang diadakan dua tahun sekali selama 12 hari.

Taiwan menyelenggarakan Summer Universiade ke-29 pada 19-30 Agustus 2017 di Taipei. Ini merupakan Universiade yang pertama kali diadakan oleh Taiwan, setelah sebelumnya pernah menyelenggarakan World Games 2009 dan Deaflympics 2009. Maka ini adalah ketiga kalinya Taiwan menyelenggarakan pesta olahraga internasional.

Universiade ini adalah pesta olahraga terbesar saat ini yang pernah diselenggarakan dalam sejarah Taiwan. Sekitar 12,000 atlet, pelatih dan staf dari 144 negara akan memperebutkan ratusan medali dalam 22 cabang olahraga di ajang Universiade 2017.

Sejak enam tahun lalu, Taiwan mengalahkan Brasil menjadi tuan rumah penyelenggara pesta olahraga mahasiswa ini. Taiwan membuat banyak persiapan demi terselenggaranya Summer Universiade 2017. Sekitar lebih dari US$100 juta telah digelontorkan untuk perbaikan dan peningkatan 38 arena bertanding, 41 tempat pelatihan dan kampung atlet.

Selain di Taipe, arena pertandingan juga berlangsung di New Taipei City, kota Taoyuan, Hsinchu County dan kota Hsinchu. Sementara, acara pembukaan dan penutupan Universiade akan digelar di Taipei.

Di ajang Universiade kali ini, ada sekitar 74 atlet Indonesia akan memperebutkan medali dalam sembilan cabang olahraga, dan atlet Indonesia telah memperoleh medali tembaga di cabang yang dipertandingkan.

Delegasi Indonesia yang tiba di bandara Taiwan disambut meriah oleh diaspora Indonesia di Taiwan. Penyelenggara Universiade juga antusias menyambut perwakilan dari Indonesia tersebut. Pemerintah Taiwan sangat memperhatikan semua kebutuhan muslim atlet, seperti musala dan makanan halal.

Generasi muda adalah harapan masa depan. Arena olahraga ini merupakan semangat bersama bagi generasi muda untuk meraih prestasi terbaik, juga sebagai pintu pembuka bagi generasi muda untuk membangun persahabatan di jaringan internasional.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Indonesia yang telah mengirim perwakilannya dalam pertandingan olahraga ini. Summer Universiade kali ini semoga dapat mempererat persahabatan antar atlet mahasiswa muda di dunia. Tahun depan, giliran Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga international, yaitu Asia Games. Semoga pagelaran olahraga itu dapat berjalan sukses.

Penulis:

John Chen

Representative
Taipei Economic and Trade Office

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Manajer Arsenal Minta Bursa Transfer Musim Dingin Ditiadakan
Artikel Selanjutnya
Ogah Rugi, Juventus Bidik 3 Pemain Gratisan