Sukses

7 Kuliner Kekinian di Bandung, Nomor 5 Paling Favorit

Liputan6.com, Bandung - Kuliner Bandung memang nggak ada matinya. Setiap libur akhir pekan, Bandung selalu macet dikunjungi turis-turis lokal, terutama dari Jakarta yang datang hanya untuk pelesiran dan cari makanan enak di sekitar Bandung.

Apalagi suasana Bandung yang sejuk, nyaman dan bikin bahagia sangat mendukung sekali untuk berwisata sambil icip-icip kuliner Bandung. Ada banyak kuliner Bandung yang bisa diicip di tempat atau bahkan juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

1. Batagor Riri Bandung

Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng. Biasanya batagor dapat dinikmati hangat-hangat dengan sambal kacang. Salah satu kuliner Bandung yang cukup hits adalah batagor Riri Bandung yang beralamat di Jalan Burangrang No 41, Lengkong Bandung.

Selain dikenal dengan batagornya, kamu juga bisa mencoba siomaynya. Kawasan Burangrang memang menjadi pusat kuliner Bandung terlengkap. Kamu bisa menikmati kuliner lain seperti Mi Ayam Pedas dengan lokasi yang representatif.

1 dari 5 halaman

Cireng Cipaganti

2. Cireng Cipaganti

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Kuliner Bandung dengan bahan tepung tapioka ini adalah jajanan legendaris semasa Sekolah Dasar (SD).

Cireng Cipaganti awalnya berjualan dengan menggunakan gerobak. Cireng tersebut memiliki berbagai rasa, mulai dari cireng isi sambal kacang, cireng isi keju, cireng isi Abon, cireng isi sosis, hingga cireng isi kornet.

Selain kuliner Bandung khas seperti cireng, kamu juga bisa bernostalgia dengan kuliner khas lain seperti cilok, dan kerupuk seblak.

Nah, istimewanya lagi, kamu bisa membelinya dalam bentuk matang atau dalam bentuk mentah sehingga bisa digoreng saat tiba di rumah. Cocok juga dijadikan oleh oleh untuk traveling ke luar negeri.

2 dari 5 halaman

Bola Ubi

3. Bolbi, Bola Ubi Bandung

Bolbi adalah singkatan dari bola ubi. Bolbi yang terkenal berada di Jalan Pasir Kaliki di Paskal Food Market. Bola ubi Bandung memang belum sepopuler batagor atau siomay Bandung, tapi jangan meremehkan rasanya karena Kuliner Bandung yang satu ini termasuk salah satu camilan yang harus antre untuk mendapatkannya.

Bola ubi Bandung berbentuk bulat seperti bola-bola pingpong dan ada juga yang lebih besar seperti bola tenis. Bolbi biasanya disajikan hangat-hangat sebagai teman minum teh atau minum kopi pada saat sore hari. 

3 dari 5 halaman

Seblak Jeletet Murni

4. Seblak Jeletet Murni

Seblak memang menjadi salah satu kuliner Bandung yang tengah hits. Rasanya pedas dengan berbagai level. Tak heran jika kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner favorit kaum hawa.

Nah, salah satu seblak yang cukup sukses hingga merambah ke daerah Pademangan, Jakarta adalah Seblak Jeletet Murni yang kepedasannya sudah terkenal tak tertandingi.

Untuk mencicipi Seblak Jeletet Murni ini bukan hanya harus menyiapkan mental, tapi juga kekuatan pencernaan. Jika punya gangguan dengan pencernaan, sebaiknya jangan nekat untuk mencicipinya.

Isi seblak itu sangat bervariasi mulai dari kerupuk, mi, makaroni, kwetiau, bakso, tulang, kikil hingga yang paling mengoda adalah ceker ayam dan sayap ayam.

4 dari 5 halaman

Cilor

5. Cilor

Cilor adalah singkatan dari aci telor. Benar, kuliner ini dasarnya tidak berbeda dengan cilok dan cireng yang menggunakan tepung tapioka.

Bedanya, cilor dipadukan kembali dengan telur dadar yang membentuk seperti jaring laba-laba yang melapisi bola-bola ciloknya.

Paling nikmat jika digoreng kering dan disantap saat masih panas. Kamu bisa memesan dalam bentuk goreng basah atau goreng kering tergantung selera.

Untuk mendapatkan Cilor enak di Kota Bandung tidak terlalu sulit. Kamu bisa datang ke pasar tumpah Gasibu Bandung tiap hari Minggu pagi. Ada beberapa stand pedagang yang menjajakan Cilor dengan sambal aneka rasa.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Yuk, Cobain Makanan Vietnam di Hayam Wuruk Jakarta!
Artikel Selanjutnya
Kuliner Khas di Makassar Culinary Night Siap Menggoyang Lidah