Sukses

7 Patung Paling Nyeleneh yang Pernah Diciptakan Seniman Dunia

Patung menjadi karya seni yang telah ada dari ribuan tahun lalu. Inilah tujuh patung unik yang ada di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Patung menjadi karya seni yang telah ada dari ribuan tahun lalu. Inovasi dan kreativitas seorang seniman membuat patung-patung yang dibuatnya unik dan terkadang terlihat aneh. Inilah tujuh patung unik dan aneh yang ada di dunia dilansir dari beberapa sumber.

1. Giant Naked Baby

Dua patung raksasa Budha yang telanjang ini berada di salah satu rumah makan di Tiongkok. Patung ini sempat menjadi kontroversi di dunia maya karena dianggap sebagai sebuah penghinaan.

Salah satu biksu, Miaoming, menuliskan dalam blognya, 'saya menangis saat melihat para Buddha yang telanjang memanjat dinding! Bagaimana mungkin sebuah negara dengan sejarah seribu tahun hanya memiliki sedikit rasa hormat terhadap budayanya sendiri?'. 

Sebenarnya, pemilik restoran tidak bermaksud untuk membuat patung itu sebagai Budha. Menurutnya, patung itu seharunya adalah 'anak nakal' dan dimaksudkan untuk menarik perhatian calon pelanggan. Patung tersebut akhirnya dipindahkan oleh pihak restoran setelah disebutkan ada laporan ke pemerintah daerah. 

2. Bull Fart Sculpture

Patung ini adalah karya dari Chen Wenling. Chen Wenling merupakan pematung yang lahir di Anxi, desa kecil di Fujian, Tiongkok. Sebagai anak dari keluarga miskin yang tidak mampu membeli mainan, dirinya menggunakan tanah liat di sekitarnya untuk membuat patung kecil.

Dia menggabungkan pengaruh beberapa seniman favoritnya, seperti Dali dan Rodin, dengan gerakan realismenya untuk menciptakan karya seni yang kontroversial. "What You see Might Not Be Real", merupakan judul dari karya tersebut.

Sapi di patung tersebut mewakili Wall Street dan sang pria merupakan Bernie Madoff, pembangun firma Wall Street yang menipu dengan skema Ponzi. Sapi tersebut kentut karena dalam bahasa China “放屁” (fang pi) berarti kentut, tapi dalam bahasa gaul berarti menggertak atau berbohong.

3. Land Swimmer

Selama debut di Discovery Channel, Reality show "London Ink" membuat patung besar berukuran 46 kaki atau sekitar 15 meter dan tingginya 10 kaki atau sekitar 3.3 meter. Patung perenang tersebut berlokasi di dekat Suangi Thames, London, Inggris.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Les Voyageurs

Seorang seniman, Bruno Catalano menciptakan rangkaian patung perunggu yang disebut 'Les Voyageurs' di Marseilles, Perancis. Patung tersebut dipajang untuk merayakan posisi Marseilles sebagai Ibukota Kebudayaan Eropa 2013.

Patung yang juga disebut sebagai 'Hollow Men' ini menggambarkan mengenai pekerjaan manusia yaang realistis dengan sebagian besar tubuh mereka hilang. Hanya ada sepuluh patung yang dipajang di Marseilles, untuk melihat lebih banyak lagi, dapat mengunjungi situs resmi Bruno Catalano.

5. The Big Giving

Patung ini dirancang oleh "fountain artist", Klaus Weber. Patung ini diberi nama 'The Big Giving' dan dipajang di South Bank, London. Patung-patung yang dipajang menggambarkan sekelompok orang yang muntah dan tertutup oleh batu dari lahar. Air yang keluar tidak hanya dari mulut, melainkan juga dari lubang lain. Air tersebut merupakan hasil daur ulang dan menjadikannya ramah lingkungan.

3 dari 3 halaman

6. Nation for Itself Forever

Patung bernama 'Nation for Itself Forever' ini dibuat oleh seniman bernama David Cerny pada 2002. Patung kontroversi ini memiliki tinggi mencapai 10 meter dan menggambarkan seorang pria tanpa busana menyemburkan uap dari bagian bawahnya. Untuk mencegah agar patung tersebut tidak diubah karena protes masyarakat, patung tersebut ditujukan untuk National Theater di Ceko.

7. Traffic Light Tree

Lampu lalu lintas berbentuk pohon ini mempunya nama 'Tower Hamlets Traffic Light Tree' dan menyimpan 75 lampu lalu lintas. Karya ini diciptakan oleh seniman patung asal Perancis, Pierre Vivant. Namun, lampu lalu lintas ini hanya dijadikan panjangan dan bukan sebagai penunjuk arah.

Sebelumnya, lampu ini diletakkan di Westferry Road sebagai pengganti pohon yang telah mati. Tapi pada 2011 lampu ikonik tersebut dicabut, karena adanya perbaikan jalan, dan sekarang diletakkan di dekat Billingsgate Market, Trafalgar Way, London.

 

 

Penulis:

Meidiana Triani

Saksikan video unik ini:

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.