Sukses

Canggih, Warga Batang Pantau Harga Sembako Pakai Android

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran telepon pintar atau smartphone telah membuat pola hidup manusia berubah. Itu karena, banyak kegiatan sehari-hari yang tidak bisa dipisahkan dari smartphone.

Selain sebagai alat komunikasi, smartphone juga bisa digunakan untuk memesan makanan, berbelanja hingga memesan ojek. Bahkan, harga bahan pokok di pasar tradisional juga bisa dipantau lewat smartphone.

Seperti warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang tidak perlu repot-repot berkeliling pasar untuk tanyakan harga sembako. Mereka cukup mengakses aplikasi bernama Informasi Komoditas Harga di Pasar Tradisional.

Dalam aplikasi yang bisa diunduh di Android ini, warga Batang bisa melihat harga sembako di tiga pasar tradisional. Antara lain, Pasar Batang, Limpung dan Pasar Bandar.

Selain untuk memantau harga sembako, aplikasi tersebut juga bisa menjadi wadah pelaporan warga kepada pemerintah jika terjadi lonjakan harga.

"Agar kita tahu untuk melakukan tindakan agar tidak terjadai inflasi yang terlalu tinggi, karena harga memang terkadang berbeda antara pasar satu dengan pasar yang lain. Aplikasi ini juga ada harga pembanding dari pasar Kendal dan Pekalongan," kata Bupati Batang, Wihaji, Senin 4 Septembar 2017.

Sistem aplikasi smartphone ini, sangat bermanfaat bagi pemerintah Batang dalam menangani gejala yang timbul akibat kekurangan stok komoditas. Terutama kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, gula, minyak goreng, terigu, telur, ayam ras, daging sapi, ikan segar, bawang merah, cabai, dan kedelai.

Penulis

Fajar Eko Nugroho

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Terkendali Mendekati Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Mendag Pastikan Harga Komoditas Pangan di Banyuwangi Stabil