Sukses

5 Kesalahan Ini Perlu Dihindari Saat Smartphone Terkena Air

Liputan6.com, Jakarta - Sial akan selalu datang pada semua hal dalam bentuk apapun termasuk pada aktivitas kita menggunakan smartphone. Terkadang kita tidak memikirkan akan keteledoran kita sendiri yang membuat smartphone jatuh ke dalam air.

Namun tidak semua, ada juga yang mengalami masalah smartphone basah terkena air karena kehujanan, atau hal lainnya. Karena saking paniknya kita selalu berusaha mencari cara supaya smartphone kembali kering. Namun, tanpa kita sadari terkadang yang akan kita lakukan bukannya benar malah justru berakibat fatal.

Nah, kalau kamu mengalami masalah tersebut maka sebaiknya kamu harus hindari lima kesalahan berikut ini.

1. Langsung Menyalakan Setelah Masuk Ke Dalam Air

Hal ini sudah pasti nggak akan bisa kamu hindari. Ketika smartphone kamu terkena air maka yang kamu lakukan adalah menyalakannya. Padahal hal ini akan berakibat fatal, karena di saat smartphone terkena air maka akan meresap ke dalam dan membasahi komponen hardware sehingga memungkinkan terjadinya korsleting jika dinyalakan.

 

 

1 dari 4 halaman

2. Langsung Dijemur Setelah Basah

Yang kedua ini juga sering sekali terpikir. Karena pada umumnya mengatasi smartphone basah adalah dengan cara mengeringkannya sehingga menjemur smartphone yang basah selalu datang pada pikiran kita. Namun ternyata, hal ini bukanya akan mengatasi masalah malah justru membuat komponen smartphone menjadi rusak.

2 dari 4 halaman

3. Menggoyang-Goyang

Jika kita dapat berpikir secara matang maka bisa kita ketahui jelas kalau menggoyang-goyang smartphone yang basah adalah suatu kesalahan fatal dan harus dihindari. Namun kita tidak akan sadar bahayanya hal ini.

Dengan menggoyangkan smartphone yang basah terkena air maka yang tadinya tidak rusak parah malah justru menjadi semakin parah. Pasalnya saat kamu mencoba menggoyangkannya maka air di dalam akan semakin membasahi komponen-komponen yang ada.

3 dari 4 halaman

4. Dikeringkan Pakai Hair Dryer

Banyak yang mengatakan bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengeringkan smartphone yang basah adalah mengandalkan hair dryer. Namun itu salah! Air akan semakin membasahi hardware atau komponen tertentu di dalamnya sehingga akan membuat rusak semakin parah.

Sumber: https://jalantikus.com/tips/hindari-ini-jika-smartphone-terkena-air/

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Ketahui Fakta Ini Sebelum Lakukan Lip Injections