Sukses

Rano Karno: Babe Benyamin Sueb Seniman Luar Biasa

Liputan6.com, Jakarta Teater Abang None (AbNon) Jakarta menggelar konser teatrikal "Babe, Muka Kampung Rejeki Kota." Pertunjukan ini merupakan sebuah karya seni yang mengangkat kisah hidup tokoh Betawi legendaris, Benyamin Sueb. Produksi yang diproduseri oleh Maudy Koesnaedi ini mengambil alur dari buku biografi yang memiliki judul sama.

Produksi ini merupakan bentuk apresiasi kepada Babe, sapaan hangat Benyamin Sueb, yang wafat tanggal 5 September 1995. Dalam pagelaran yang dihadiri oleh awak media dan juga kerabat dekat para cast serta keluarga Babe, turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan D.K.I Jakarta Tinia Budianti yang mewakili Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Selain dari pihak pemerintah provinsi, hadir pula Rano Karno yang dikenal cukup dekat dengan Babe pada Kamis malam (14/9).

Rano Karno sendiri sangat mengapresiasi sebuah pertunjukan yang ditujukan untuk Babe Benyamin. Bagi Bang Rano Karno sendiri, sosok babe adalah seorang seniman luar biasa.

"Babe ini sosok yang luar biasa dan sangat smart, sangat sangat smart. Dia memang seniman yang serba bisa, tapi dia memberikan kesempatan bagi yang muda itu harus bisa lebih dari dia," ujarnya saat ditanya oleh Indra Bekti selaku Bang Jantuk dalam konser teatrikal tersebut.

Rano Karno sendiri akrab dengan Babe sejak memerankan Si Doel dalam Si Doel Anak Sekolahan pada tahun 1993. Menurutnya, Babe memiliki cita-cita tersendiri yaitu membuat museum Betawi di daerah Kemayoran. Namun kini bukan museum yang berdiri untuk mengenang Babe, tapi sebuah nama jalan yang diberikan untuk mengenang tokoh legendaris betawi ini.

Selain Rano Karno, dalam pertunjukan itu turut diputar sebuah video yang menampilkan seniman lainnya yaitu Ida Royani dan juga Kristin Hakim. Kedua wanita ini pernah bekerja sama cukup lama dengan Babe baik di bidang musik dan juga perfilman Indonesia.

Kristin Hakim sendiri pernah bekerjasama dengan Benyamin dalam film garapan Sukmanjaya dengan judul Si Doel Anak Modern. Baginya Benyamin sendiri merupakan seorang aktor yang akan menjiwai setiap peran yang ia dapat.

"Lucunya itu sebetulnya Benyamin tidak dibuat-buat. Dia bukan hanya seorang komedian, tapi seorang aktor. Karena memang dia peran itu dimainkan betul-betul dari dalam, tidak heran itu Benyamin menerima penghargaan sebagai aktor terbaik di festival film indonesia tahun 1977," kata Kristin Hakim sambil mengingat-ingat sosok Benyamin Sueb.

Tentu saja adanya pendapat dari orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Babe membuat para penonton dapat merasakan lebih dekat dengan beliau. Konser teatrikal ini digelar paada tanggal 15 dan juga 16 September di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Untuk informasi dan reservasi tiket dapat menghubungi Kayan Production & Communications 081311630001, 085693427788 atau dapat melakukan pembelian tiket secara online di www.bllibli.com

 Penulis:

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Rhoma Irama Mules Nonton Warkop DKI Reborn: Jangkrik Bos Part 2
Artikel Selanjutnya
Tora Sudiro Pertanyakan Kekompakan Pemain Warkop DKI Reborn