Sukses

Ada Kuliner Khas Malam Jumat Kliwon di Festival Keraton Nusantara

Liputan6.com, Jakarta Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan keraton atau kerajaan-kerajaan yang tersebar di berbagai wilayah. Untuk itu, kekayaan budaya keraton harus terus dilestarikan. Salah satu caranya dengan mengadakan Festival Keraton Nusantara (FKN).

Tahun ini, penyelenggaraan FKN sudah memasuki kali ke-11 dengan Keraton Cirebon sebagai tuan rumah. Acara yang berlangsung 15-19 September 2017 ini akan duhadiri perwakilan dari 42 keraton dari seluruh Indonesia.

FKN tahun ini akan diisi dengan berbagai acara bernuansa kearifan lokal dari seluruh kerajaan di Indonesia. Di antaranya kirab prajurit keraton, pameran benda pusaka keraton, pertunjukan seni keraton, pagelaran upacara adat, tradisi keraton, dan musyawarah raja-raja Nusantara.

Selama FKN berlangsung, setiap keraton akan menampilkan beragam kesenian dan budaya sesuai kesepakatan dengan pembukaan di Keraton Kasepuhan. Sedangkan pameran benda pusaka digelar di Keraton Kanoman.

Selain itu, gelar budaya nusantara akan diisi dengan penampilan tradisional maupun kontemporer yakni pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, tari Palagan Nyimas Gandasari, tari Pendet, tari Topeng Kelana, Jaipong, pencak silat, tari kontemporer, street dance perkusi, DJ Vin Tarling, pop Sunda dan lain-lain.

FKN ke-11 juga akan dimeriahkan penampilan band Barudak, Tuna Netra Berkarya. Bobby & Friend, Cirapbon, Sundanis Hip Hop. Juga pemusik jalalan dan bintang dangdut jebolan D’Academy.

Gelar Budaya Nusantara menjelang acara Puncak FKN 2017 juga akan diisi dengan kegiatan workshop membatik, pameran fotografi dan workshop pembuatan topeng.

Hal yang tak kalah menjadi daya tarik pengunjung adalah adanya mini planetarium yang disupport oleh LAPAN selama 3 hari yakni 5 - 7 September 2017 lalu. Tidak hanya Planetarium, LAPAN juga memberikan edukasi tentang antariksa yakni berupa dongeng antariksa.

Warga bisa menikmati Teropong Bintang dan Bulan di malam hari mulai jam 17.00 - 21.00 tanpa dipungut biaya selama FKN.

Untuk meramaikan event ini juga digelar Pasar Rakyat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cirebon.

Patih Keraton Kanoman Cirebon, Pangeran Patih Raja Mohammad Qodiran mengatakan, persiapan penyelenggaraan FKN ke-11 hampir rampung 100 persen, baik dari empat keraton yang ada di Cirebon hingga jajaran pemerintah daerah.

Patih Qodiran menyebutkan, salah satu kuliner keraton yang akan disajikan dalam Festival Keraton Nusantara ke-11 ini adalah Nasi Qodiran. Nasi Qodiran merupakan warisan kuliner yang diperoleh turun-temurun dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunungjati kepada para sultan di Cirebon. Makanan istimewa yang biasanya dihidangkan setiap malam Jumat Kliwon.

Penulis:

Theofilus Ifan Sucipto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Kuliner Khas di Makassar Culinary Night Siap Menggoyang Lidah
Artikel Selanjutnya
Seminggu di Kota Probolinggo, Kenalkan Wisata Budaya Lokal