Sukses

Usianya 101 Tahun, Lansia Ini Masih Gemar Naik Motor

Liputan6.com, Jakarta - Di usianya yang memasuki 101 tahun, Jock Stares masih mengendarai mopednya setiap hari di jalanan. Sejak kecil, Jock sudah dikenalkan dengan motor. Kecintaannya terhadap kendaraan roda dua tersebut membuat dia tidak pernah berhenti untuk mengendarainya.

"Aku masih berumur tujuh tahun ketika ayahku membawa pulang sebuah motor bekas dan aku mendapatkan motor tersebut, dan aku langsung mengendarainya saat itu juga. Aku adalah satu-satunya anak laki-laki di sekolah yang pergi dengan motor. Menurutku, itu adalah sebuah pernyataan. Dan hingga kini aku masih tertawa kecil jika mengingatnya," ujar Jock, dikutip dari Inside Edition.

Sejak usianya memasuki 70 tahun, Jock harus memperbarui surat izinnya sebanyak 10 kali. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa dia masih bugar dan sehat untuk mengendarai motor di jalan. Dia pun telah memiliki banyak motor selama bertahun-tahun. Sekarang, Jock merasa harus turun level dengan mengendarai sebuah skuter Yamaha 125. 

"Aku berencana akan terus mengendarai motor. Sebenarnya, telah disarankan bahwa orang yang telah memasuki umur lebih dari 100 tahun harus menyerahkan surat izin mereka, tapi aku sangat percaya diri dan senang untuk mengendarai motor. Aku tidak mengerti kenapa aku harus menyerahkan surat izin," ujarnya dalam sebuah video dokumenter dari Caters News.

Jock bercerita, jika dia berhenti mengendarai motornya, itu akan berdampak pada kesehatannya. Ketergantungannya terhadap motor akan menghilang dan setiap hari dia harus terjebak di dalam rumah. Hingga saat ini, setiap pagi Jock akan berolahraga terlebih dahulu sebelum mengendarai motor. Setelah itu, dia akan mengunjungi teman-temannya di panti jompo setempat.

"Pada dasarnya, aku adalah orang yang aktif. Aku akan terus melakukan semua hal yang masih bisa aku lakukan. Aku tidak akan pernah bosan menjalani hal ini di hidupku Setiap hari, aku akan terus melakukan sesuatu yang positif," tutur Jock.

Jock menambahkan bahwa warga di sekitar lingkungannya sudah sering melihat dia berkeliling menggunakan motor, sehingga mereka tidak terkejut atas apa dilakukannya itu. Bahkan, Jock yang telah pensiun sebagai dokter gigi ini berencana untuk kembali memperpanjang izinnya tahun depan.

"Aku masih merasakan sensasi yang sama dari skuterku, sama seperti pertama kali aku mengendarai motor dan memiliki sebuah motor yang besar dan bertenaga kuat. Aku senang pergi ke minimarket atau toko, karena itu berarti aku akan terus kembali ke jalan. Ada perasaan kebebasan yang sejati saat aku mengendarai motor," imbuhnya

Dia pun menyalurkan kecintaannya tersebut kepada anak laki-lakinya yang berusia 76 tahun. Jock berharap bahwa dia dapat pula menumbuhkan gairah pada motor ke cucunya.

"Aku sangat menikmati saat kami (ayah dan anak) mengendarai motor berdua. Hubungan kami jadi lebih seperti sahabat, dibanding hubungan ayah dan anak dan itu sangat menyenangkan," tutup Jock.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Resep Panjang Umur Orang-Orang Berusia 100 Tahun Lebih
Artikel Selanjutnya
Nenek Usia 116 Tahun Masih Bugar, Resepnya Kopi Hitam Tanpa Gula?