Sukses

Dikira Kanker, Ternyata Benda Ini Tertanam Selama 40 Tahun

Sebuah mainan kerucut lalu lintas ditemukan di dalam paru-paru seorang pria setelah ia diduga mengalami kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria di Inggris tak menyangka bahwa sebuah mainan kerucut lalu lintas akan ada di dalam paru-parunya selama 40 tahun. Awalnya, pria itu dirujuk ke klinik pernapasan di Preston, Inggris, karena mengeluhkan batuk berlendir kuning dan merasa tidak enak badan selama lebih dari satu tahun. Kemudian, dokter memindai paru-paru pria tersebut.

Dokter mengira bahwa pria berusia 47 tahun itu mengidap kanker paru-paru, karena ia mempunyai riwayat sebagai perokok aktif dalam jangka waktu yang lama dan sempat menderita pneumonia. Dilansir dari The Guardian, pria itu pun menjalani proses bronkoskopi untuk melihat langsung ke dalam area paru-paru yang diduga terjangkit tumor. Namun, bukannya tumor yang ditemukan oleh dokter, melainkan sebuah mainan kerucut lalu lintas. 

Mainan tersebut ternyata berasal dari hadiah mainan yang diterima oleh pria paruh baya itu saat ia berusia tujuh tahun. Menurut laporan dari BMJ Case Reports, pria tersebut mengaku telah menelan potongan mainan dari Playmobil, mainan populer yang berasal dari Jerman, semasa kecilnya.

Para dokter mengatakan bahwa kasus ini tidak biasa terjadi, sebab biasanya ketika anak-anak menelan atau memasukkan benda-benda kecil ke dalam tubuh mereka, hal tersebut akan segera diketahui. Namun, pada kasus ini, gejalanya baru ditemui setelah 40 tahun berlalu. Bagi mereka, ini adalah kasus pertama sebuah benda asing ditemukan dalam tubuh setelah hampir empat dekade berlalu.

Mereka pun memikirkan cara pria tersebut dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan mainan plastik yang ada di dalam paru-parunya. Setelah menjalani prosedur pengambilan benda tersebut, pria itu dilaporkan tidak mengalami batuk dan gejala lainnya semakin membaik setelah empat bulan berlalu.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.