Sukses

Komunitas Ini Kumpulkan Like untuk Ciptakan Taman Bermain Anak

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua anak dapat memiliki kesempatan bermain di taman bermain. Lahan yang semakin sempit dan kurangnya inisiatif pemerintah adalah sedikit di antara beberapa penyebabnya. Hal itu pula yang terjadi di Cordoba, Argentina.

Kurangnya tempat bermain bagi anak-anak menggerakkan beberapa orang untuk tergabung dalam komunitas. Mereka kemudian sepakat membuat proyek bernama Yo Amo Mi Plaza yang bertujuan mengumpulkan like di Facebook dan menukarnya dengan donasi.

"Kampanye 70.000 bertujuan menggalang 1 peso (sekitar 800 rupiah) untuk setiap like di Facebook 'Yo Amo Mi Plaza'. Jadi, kami butuh 70 ribu like untuk dapat uang agar bisa memasang alat permainan di taman," ujar Pablo, salah satu motivator komunitas yang tergabung dalam proyek tersebut.

Menurut dia, untuk menciptakan taman bermain di Cordoba, butuh dana sekitar 70 ribu peso atau sekitar 54 juta rupiah. Karena itulah kampanye tersebut diberi nama proyek 70.000.

Pablo menjelaskan, mereka membangun taman bermain sesuai mimpi anak-anak di tempat tersebut. Mereka memilih untuk membangun taman di daerah yang tidak memilikinya.

Dalam prosesnya, kelompok tersebut berkeliling kota untuk mencari ruang yang tepat untuk mendirikan taman bermain. Mereka juga mencoba senantiasa melibatkan lingkungan tempat taman bermain akan didirikan untuk terlibat dalam prosesnya.

Proyek tersebut pun semakin berkembang. Dari yang hanya terdiri dari lima orang, kini telah terdapat 300 sukarelawan untuk proyek berbeda.

"Kami ingin masyarakat mengurus ruang publik mereka. Saat mereka melakukannya, keajaiban akan kembali ke daerah tersebut," pungkas Pablo.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.