Sukses

Aspal Putih, Solusi Kurangi Suhu Tinggi Jalanan di Musim Kemarau

Liputan6.com, Jakarta - Penampakan jalan putih, bukanlah hal yang aneh bagi masyarakat di Los Angeles, California. Justru mereka menyebutnya sebagai cool pavement atau bisa disebut sebagai aspal sejuk. Jalan-jalan di daerah Los Angeles memang sengaja diwarnai putih untuk tujuan tertentu.

Melansir Insider, Selasa (3/10/2017) untuk mengurangi suhu tinggi pada musim panas, mereka menggunakan metode jalan putih agar dapat menciptakan suasana kota menjadi tetap sejuk. Aspal hitam yang biasa digunakan di jalan biasa, dapat menyerap 80 sampai dengan 95 persen cahaya matahari. Bahkan, suhu dari jalanan dengan aspal hitam dapat mencapai 150 derajat Fahrenheit atau setara dengan 65 derajat celcius.

Sedangkan, jalan yang dilapisi seal coat atau lapisan pelindung berwarna putih dapat memantulkan cahaya matahari. Suhu jalan yang menggunakan lapisan pelindung berwarna putih hanya mencapai 15 derajat celcius.

Perbandingan suhu pada aspal putih, jauh lebih rendah dibandingkan pada aspal hitam. Selain itu, jalanan putih juga lebih sedikit memantulkan panas ke dalam bangunan. Sehingga sangat efektif untuk mengurangi panas terik yang kadangkala tak tertahankan.

Mengingat Indonesia negara tropis yang cenderung panas, metode memberikan lapisan jalan dengan warna putih bisa jadi solusi untuk membuat suhu panas berkurang. Namun harga yang ditawarkan untuk proses pengerjaannya dapat terbilang mahal karena mencapai 20 juta per kilometer jalan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Manfaat Panas Bumi untuk Mengatur Suhu Ruangan
Artikel Selanjutnya
Australia Bersiap Hadapi Musim Dingin 'Terganas'