Sukses

Rindu Menanti, Taman Bacaan Dadakan di Halte-Halte Kota Bandung

Liputan6.com, Jakarta Menunggu adalah kegiatan paling membosankan. Termasuk, menunggu angkutan kota atau angkot yang tak kunjung datang.

Beruntung, sebuah komunitas literasi di Bandung bernama Rindu Menanti menawarkan solusi menarik. Komunitas ini menyebar di sejumlah halte di Bandung untuk menemani para calon penumpang angkutan umum. Caranya, dengan meminjamkan buku bacaan ringan kepada para penunggu angkot.

Salah satu anggota komunitas ini bernama Rachmi, Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Agama (STIA) Persis Bandung. Di tengah masa perkuliahan, Rachmi bersama adiknya Mayang Puspita, mendapat giliran menjaga taman bacaan dadakan di Halte Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Senin, 2 Oktober 2017.

Buku-buku di taman bacaan dadakan itu mereka kemas sendiri dari rumah. Menurut Rachmi, buku-buku itu sebagian koleksi pribadi, walau ada juga buku hasil sumbangan donatur. Untuk topik buku-buku yang mereka pinjamkan didominasi tema ringan.

Sudah dua tahun terakhir keduanya menanti di halte sambil menawarkan buku kepada warga. Meski tak setiap hari berada di halte, baik Rachmi dan Mayang merasa bahagia melakukan aktivitas ini.

"Waktunya enggak ditentukan, tapi satu minggu sekali, kita menanti orang di halte setiap Senin. Ada beberapa titik di Bandung," ujar Mayang.

Karena lokasi yang tak biasa, banyak orang tidak menyangka jika buku-buku yang dibawa bisa dibaca gratis oleh siapa saja. Bahkan, ada yang mengira, relawan Rindu Menanti ini sebagai SPG buku.

Penulis:

Huyogo Simbolon

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Gowes Pesona Nusantara Kenalkan Wisata Bogor
Artikel Selanjutnya
Nonton Karnaval Kemerdekaan di Bandung dari Dago Saja