Sukses

Kritik Pencemaran Air, Mahasiswa Ini Buat Es Krim Limbah

Liputan6.com, Taiwan - Es krim memang selalu jadi kesukaan banyak orang. Rasa yang disajikan biasanya manis dan segar, sehingga sangat cocok untuk dimakan saat musim panas atau kemarau.

Namun, tiga mahasiswa dari Universitas Taiwan membuat 100 jenis es krim stik yang terbilang unik. Sayangnya, kamu akan berpikir dua kali untuk mencoba es krim buatan mereka.

Ketiga mahasiswa tersebut tidak sungguhan membuat es krim untuk dikonsumsi, melainkan sebagai sebuah proyek seni. Melansir Taiwan News, Senin (9/10/2017), proyek seni tersebut dinamakan sebagai "100% Pure Sewage Ice Works" atau es murni terbuat dari air kotoran. Bahan dasar dari es krim ini tentu mereka kumpulkan dari air limbah di banyak daerah di Taiwan.

Source: thisiscolossal.com

 

 

1 dari 2 halaman

Cara membuat es krim dari air limbah

Pada awalnya mereka akan mendinginkan sampel air yang telah diambil. Kemudian mereka akan cetak dan awetkan dengan menggunakan polyester resin.

Walaupun terdengar sangat mudah, proyek seni itu ternyata membutuhkan satu tahun penuh untuk menyelesaikannya. Mulai dari mengumpulkan sampel air, membuat cetakan, sampai dengan membuat seratus bungkus dari sampel es krim. Bungkus es krim yang dibuat juga disertakan dengan kode nomor serta tempat asal di ambilnya sampel air.

Source: thisiscolossal.com

Dari luar es krim yang mereka buat memang terlihat cantik dan menarik. Tak sedikit pula terdapat sampah, kotoran, sampai dengan cacing di dalam es krim tersebut. Para mahasiswa yang membuat proyek itu dilatarbelakangi kampanye polusi air yang tidak berjalan efektif di Taiwan.

Agar dapat menjangkau kesadaran masyarakat, para mahasiswa itu menggunakan strategi dengan pendekatan psikologis. Upaya yang mereka lakukan yaitu dengan membuat sesuatu yang disukai banyak orang, seperti halnya sebuah es krim.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Polusi Merajalela Sebabkan Sulitnya Miliki Rumah Sehat di Jakarta
Artikel Selanjutnya
Ada Pecahan Kaca dalam Garam Dapur? BPOM: Itu Tidak Benar