Sukses

Kepo dan Kidal, 6 Tanda Ini Buktikan Kamu Sebenarnya Orang Cerdas

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan bukan semata-mata hanya kemampuan seseorang dalam akademis saja, melainkan juga dapat mencakup, seperti, kemampuan menalar, memecahkan masalah, dan penggunaan bahasa. Apakah kamu meragukan kecerdasanmu sendiri?

Berikut tujuh tanda yang akan membuktikan bahwa kamu memiliki kecerdasan, setidaknya, kamu pasti memiliki salah satu dari tanda dibawah ini.

1. Diberi ASI saat masih bayi

Para ilmuwan dari Inggris dan Selandia Baru meneliti sekitar 3.000 anak dan menemukan bahwa mereka yang diberi ASI saat bayi mempunyai tujuh poin lebih banyak saat tes IQ (Intelligence Quotient) ketimbang anak yang tidak diberi ASI ketika bayi.

Namun, hal ini hanya berlaku pada mereka yang memiliki gen tertentu, yaitu orang tuanya juga tidak menerima ASI saat bayi. Sementara itu, belum ada penelitian lebih lanjut terkait hubungan gen dan ASI.  

2. Kidal

Beberapa data menunjukkan bahwa sejumlah orang kidal menjadi penjahat. Namun, di sisi lain, penelitian lain menunjukkan bahwa orang kidal cenderung berpikiran berbeda. Cara berpikir yang cenderung kreatif tersebut digunakan mereka untuk dapat memecahkan masalah dan tugas. Orang kidal seringkali lebih pandai dalam menciptakan sesuatu yang belum pernah ada, dan cara mereka keluar dari situasi yang sulit dinilai lebih baik daripada orang yang tidak kidal.

3. Mengambil les musik

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa belajar memainkan alat musik membantu perkembangan masa kanak-kanak. Salah satu dari penelitian ini mengklaim bahwa belajar musik dalam satu bulan, dapat membantu anak usia empat dan enam tahun meningkatkan nilai tes dan membuat belajar lebih mudah bagi mereka secara signifikan.

 

1 dari 2 halaman

4. Suka begadang

Orang yang suka begadang di malam hari, umumnya memiliki kecerdasan lebih besar dibanding orang lain. Kemampuan untuk bekerja dan berkreasi di malam hari ada kelebihan mereka. Namun, dikatakan bahwa hal ini tidak dialami secara alami, tapi berdasarkan pengalaman dan pola hidup yang dilalui orang tersebut. Dalam hal ini, para ilmuwan berkesimpulan bahwa orang cerdas yang tidur larut malam dikarenakan mereka sedang memperluas batas kemampuan mereka. 

5. Penasaran

Jika kamu salah satu orang yang selalu penasaran, mungkin kamu adalah orang yang cerdas. Seorang profesor psikologi di sebuah universitas di London, mengambil kesimpulan bahwa penasaran adalah salah satu karakteristik penting bagi orang-orang cerdas. Orang yang penasaran memiliki bentuk pemikiran yang lebih halus dan dalam jangka panjang, mereka akan tertarik untuk menemukan hal-hal baru.

6. Suka membaca sejak kecil

Orang-orang yang suka membaca sejak kecil, kemungkinan adalah orang yang sangat cerdas. Dalam salah satu penelitian, 2.000 pasang anak kembar diteliti dan ternyata, bayi-bayi yang telah belajar membaca sebelumnya, memiliki nilai tes lebih tinggi di kemudian hari. Beberapa peneliti percaya bahwa membaca dari usia dini meningkatkan kemampuan verbal dan non verbal seseorang.

Penulis:

Mediana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Urutan Zodiak yang Akan Paling Dirindukan Jika Mereka Pergi
Artikel Selanjutnya
Hapalkan 8 kosakata Ini Kalo Mau Dibilang Anak Gaul