Sukses

Jika Manusia Lenyap, 7 Hal Menakjubkan Ini Terjadi pada Bumi

Liputan6.com, Jakarta - Pernah kamu berpikir apa yang terjadi pada Bumi jika manusia menghilang? Apakah Bumi akan tetap sama, mungkin Bumi justru bisa menjadi lebih baik, bisa kembali ke zaman sediakala atau justru sebaliknya?

Berikut ini merupakan sejumlah hal yang dapat terjadi ketika manusia menghilang dari bumi melansir Nat Geo, Senin (16/10/2017).

1. Dalam satu tahun

Source: http://www.freestockphotos.name

Setelah manusia hilang dari Bumi, maka tumbuhan dan pohon akan tumbuh secara tak terkendali. Karbon dioksida akan diserap lebih cepat. Oleh karena itu, tumbuhan akan lebih cepat untuk tumbuh.

2. Musim dingin bertambah ekstrem dan bertambah populasi hewan buruan

Source: www.123rf.com

Karena cuaca yang semakin ekstrem, maka musim dingin pun akan bertambah parah. Bahkan Kanada diperkirakan dapat tertutup oleh salju pada 150 tahun selanjutnya. Selain itu, jumlah hewan buruan yang semakin langka bisa hidup dan bereproduksi lebih banyak.

 

1 dari 3 halaman

3. Jalanan dan bangunan

Source: www.dvdtalk.com

Diprediksikan bahwa jalanan akan tertutup karena ditumbuhi oleh berbagai tanaman. Sedangkan bangunan akan mulai runtuh dan hancur pada 30 tahun berikutnya.

4. Muncul ekosistem baru

Source: www.unilad.co.uk

Hilangnya manusia akan membuat sejumlah ekosistem baru diperkotaan, yakni ekosistem yang memadukaan antara bangunan manusia serta vegetasi alam.

5. Perubahan di laut

Source: www.timeslive.co.za

Karang laut dan tumbuhannya akan menutupi kapal-kapal yang karam,  dan 60 tahun sesudahnya lautan akan kembali mengalami pembaruan dari penangkapan ikan yang berlebihan.

 

2 dari 3 halaman

6. 200 tahun sampai dengan 500 tahun setelah manusia menghilang

Source:  http://phobia.wikia.com

Pemanasan global akibat karbon dioksida yang dihasilkan manusia akan benar-benar menghilang. Kapasitas bendungan juga tidak dapat membendung air lagi. Dan aliran air sungai akan kembali seperti sedia kala. Untuk hutan sendiri, butuh beratus-tahun waktu lamanya agar hutan kembali seperti semula. Butuh waktu 500 tahun untuk mengembalikan kondisi hutan seperti pada 10 ribu tahun sebelumnya.

7. 25 ribu tahun setelahnya

Source: Irishtime.com

Untuk menyelesaikan masalah sampah nuklir, bisa membutuhkan ratusan ribu tahun lamanya dan masih akan tetap berbahaya sekaligus mematikan. Sampah nuklir justru menjadi salah satu peninggalan manusia setelah 25 ribu tahun lamanya.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Ilmuwan Ungkap Hubungan Badai Matahari dan Terdamparnya 29 Paus
Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan