Sukses

Kondisi Langka, Kakek Dengar Lagu Nasional 1.700 Kali Seminggu

Mengidap penyakit langka. Kakek ini mendengarkan lagus nasional sebanyak 1700 kali setiap minggunya.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula penyakit baru yang muncul dan belum ada obat untuk menyembuhkannya. Seperti penyakit yang diderita kakek ini. Dia mengklaim bisa mendengarkan lagu nasional sebanyak 1700 kali dalam minggu.

Ron Goldspink dari Bilton itu mengidap penyakit langka yang membuatnya berhalusinasi mendengarkan lagu kebangsaan Inggris yang terus merasuki kepalanya secara berulang-ulang. Dia ternyata menderita kondisi langka yang disebut Musical Ear Syndrome (MES). Penyakit tersebut mempengaruhi orang-orang yang menderita gangguan pendengaran.

Hingga kini penyebab MES belum diketahui, tapi para ilmuan percaya hal itu terjadi bila rangsangan pendengaran sudah mulai tidak berfungsi. Itu juga menyebabkan otak mulai memproduksi suara, oleh karena itu biasanya MES terjadi pada orang-orang yang menderita gangguan pendengaran.

Meski masih jarang ada pengaduan tentang penyakit ini, MES diyakini akan mempengaruhi sekitar satu dari 10.000 orang berusia di atas 65 tahun di Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kakek ini mendengar lagu God Save the Queen

Kakek berusia 87 tahun itu mengatakan bahwa dia mengidap penyakit ini sekitar tiga atau empat bulan lalu. Dia juga selalu mendengar lagu kebangsaan versi 'God Save the Queen' yang dinyanyikan paduan suara pria.

"Saya mengeluh kepada tetangga sebelah saya yang saya pikir sedang bermain musik dan membuat saya tidak bisa tidur di malam hari," kata Goldspink kepada Hull Daily Mail. "Saya mengatakan kepada anak saya bahwa saya dapat mendengar musik ini dari dinding setiap malam. Mereka pergi ke tetangga saya dan mengatakan bahwa mereka tidak bermain apa-apa, dan saya sadar hanya saya yang mendengarnya. "

Kakek ini mengalami halusinasi 1.700 kali setiap minggu, dia mengatakan bahwa versi yang dia dengar dinyanyikan dengan sangat baik, tapi karena terlalu sering hal tersebut bisa memekakkan telinga dan itu membuatnya marah.

"Dokter saya tidak dapat memahaminya dan belum pernah mendengar lagu versi itu sebelumnya. Tidak ada yang bisa dilakukan, satu-satunya cara yang mungkin bisa dilakukan adalah saya meletakkan alat bantu dengar di satu telinga dan menyalakan TV. Itu membantu saya," lanjutnya

Goldspink berharap bisa bertemu dengan Ratu Elizabeth saat dia mengunjungi kotanya pada 16 November untuk menceritakan kondisinya.

"Saya ingin orang lain tahu tentang kondisinya. Saya tidak tahu apa penyebabnya, saya hanya tahu itu sekelompok pria yang bernyanyi dan mereka menyanyikannya dengan sangat baik. Saya hanya ingin orang tahu bahwa tidak ada yang salah dengan kepala saya. Saya mengatakan yang sebenarnya, saya mendengar lagu kebangsaan terus-menerus," tambah Goldspink.

Penulis:

Reza Sugiharto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.