Sukses

Gunakan Media secara Positif, Cara Tepat Peringati Hari Pahlawan

Liputan6.com, Jakarta 10 November merupakan peringatan Hari Pahlawan. Sebagai warga negara yang baik, sudah semestinya kita menghormati perjuangan dan pengorbanan pahlawan kita. Hasil jerih payah para pahlawan membuat kita saat ini bisa hidup terbebas dari bentuk penjajahan.

Semangat dan nilai-nilai teladan perjuangan pahlawan bisa menjadi teladan bagi generasi muda untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa. Sayangnya, adanya perkembangan informasi saat ini ternyata malah mampu untuk mengancam keutuhan bangsa kita.

Apa yang menjadi ancaman persatuan bangsa kita?

"Salah satu akibatnya bisa karena beredarnya informasi-informasi di media sosial berisi hasutan, fitnah, pemutaran fakta, hoax dan lainnya," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo, R. Niken Widiastuti dalam acara Forum Merdeka Barat 9 mengenai Hari Pahlawan, Jakarta, Kamis (9/11/2017)

Akibat dari informasi-informasi negatif tersebut, banyak masyarakat justru terpacah belah, saling berkonfrontasi, menuai keributan, dan bahkan kerap di adu domba. Hal tersebut merupakan bibit-bibit dari disintegrasi bangsa yang mengkhawatirkan.

"Jika kondisi ini terus dibiarkan, bisa mengancam keutuhan bangsa dan bernegara kita," timpal Niken. Menurutnya, di Hari Pahlawan seperti ini, seharusnya kita warnai dengan menerapkan nilai-nilai persatuan untuk memperkokoh masyarakat.

Terlebih lagi, pahlawan dahulu harus rela berkorban sampai taruhan nyawa untuk memerjuangkan kemerdekaan kita. Sekarang kita isi perjuangan mereka dengan sikap yang lebih positif.

1 dari 2 halaman

Apa yang bisa kita lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan ini?

Hal yang bisa lakukan saat ini ialah menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan para pahlawan kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika kita tidak bisa berkontribusi untuk negara, yang bisa kita lakukan ialah memanfaatkan media sebaik mungkin.

"Gunakan media untuk saling menghormati satu sama lain dan tidak mengadu domba," saran Niken. 

Untuk generasi muda bangsa Indonesia, kita bisa meneladani nilai-nilai pahlawan dengan motivasi dan kontribusi secara positif. Kita bisa peringati Hari Pahlawan dengan rasa kepedulian, kreativitas, serta hasil karya kita untuk membangun negeri. Tugas generasi muda saat ini ialah menjaga dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia agar tidak terpecah belah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
#BijakBersosmed Ajak Masyarakat Tebarkan Pesan-Pesan Positif
Artikel Selanjutnya
5 Cara Pemimpin Membangun Kerja Tim