Sukses

Teror dalam Air, 6 Ikan Monster Ini Bisa Mengoyakmu Kapan Saja

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang suka memancing, pasti tak asing dengan acara River Monsters yang dibawakan oleh ahli biologi dan pemancing Jeremy Wade. Wade biasa berkeliling dunia untuk menguak rumor tentang monster yang berdiam di sungai suatu daerah.

Baginya, jika ada legenda atau desas-desus orang terbunuh karena sesuatu yang bersembunyi di dalam air, Wade akan menuju ke sana untuk mencari tahu apa sebenarnya yang disebut monster itu. Berikut ikan-ikan monster yang pernah ditangkap olehnya.

1. Ikan Harimau Goliath

Ikan ini mungkin merupakan keluarga terakhir Piranha, yang membedakan adalah ukuran tubuh mereka. Ikan ini mendapatkan namanya karena giginya yang tajam dan runcing.

Diketahui, gigi ikan ini bisa memotong daging dan tulang seperti pisau paling tajam memotong mentega. Butuh waktu seperempat abad bagi Wade untuk berhasil memancing predator raksasa ini di Sungai Kongo, Afrika Tengah.

2. Payara, si Ikan Vampir

Wade berhasil menangkap salah satu monster menyeramkan ini dari perairan di Afrika Selatan. Ikan ini memiliki dua taring besar di rahang bawahnya yang bisa tumbuh sampai 10-15 sentimeter. Tubuh ikan ini sendiri bisa tumbuh hingga 91 sentimeter. Tentunya Anda tak ingin berenang di sekitar ikan ini.

1 dari 5 halaman

3. Ikan Serigala

Perairan Amerika Selatan yang belum pernah dijelajahi, bisa sangat berbahaya bagi orang kebanyakan. Anda tak akan pernah tahu apa yang tersembunyi di dalam air berwarna keruh.

Wade berhasil menangkap ikan ini setelah memancing semalaman suntuk. Ikan predator agresif ini bisa tumbuh hingga 121 sentimeter dengan berat lebih dari 90 kilogram. Bahkan mereka dilaporkan pernah menyerang manusia.

2 dari 5 halaman

4. Ikan Lamprey

Ikan ini merupakan salah satu ikan yang paling ditakuti. Wade menyebutnya "vampir di air" karena mereka memiliki corong seperti mulut yang mereka gunakan untuk meraih mangsa mereka. Setelah menempel di tubuh ikan lainnya, lamprey akan melubangi tubuh mangsa dengan gigi tajamnya dan menyedor semua cairan tubuh mangsanya.

3 dari 5 halaman

5. Ikan Pacu Perut Merah

Ikan ini merupakan sepupu piranha tapi sifatnya herbivora. Ikan ini memiliki gigi seperti manusia yang digunakan untuk memecahkan dan mengunyah kacang dan biji-bijian makanan mereka.

Pada tahun 2001, ikan ini disalahkan karena membunuh dua nelayan di Papua Nugini yang berenang di sungai. Nelayan itu mati kehabisan darah setelah seekor ikan pacu mengira alat kelamin mereka sesuatu yang bisa mereka makan.

4 dari 5 halaman

6. Hiu Banteng Raksasa

Ini bukan gurauan belaka. Nyatanya hiu banteng dapat hidup di air tawar maupun air asin. Hiu ini merupakan tangkapan ikan air tawar terbesar Wade sejauh ini dengan berat 500 kilogram.

Hiu banteng bertanggung jawab atas sejumlah besar serangan manusia yang sebanding dengan hiu lainnya yang mampu membunuh seseorang.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan