Sukses

Kok Ada yang Lengket? Cara Baru Penjahat Kuras Uang di Bilik ATM

Liputan6.com, Jakarta Waspada selalu ya sebelum bertransaksi di bilik Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Para penjahat kembali memanfaatkan mesin ATM untuk membobol uang para nasabah bank. Caranya pun semakin unik, seperti yang dikisahkan oleh Israni Noviantari melalui akun Facebooknya.

Wanita ini mengunggah 4 video dan 2 foto sekitar jam 9 malam, Sabtu (11/11/2017). Dalam caption-nya, Israni mewanti-wanti para pengguna ATM agar tak mengalami kejadian seperti yang ia lihat. Apalagi bilik ATM yang penjagaannya rada longgar, salah satu yang lumayan rawan adalah di SPBU. Jadi, ada alat di slot lubang keluar uang yang dimodifikasi pelaku agar uang tak bisa sampai ke tangan pemilik ATM.    

"Hati-hati modus para manusia yang tidak mau bekerja keras. Tadi malam saya ke atm di pom bensin alex. Jadi kalo di atm nya ada tulisan tangan "atm uangnya habis" tapi saldo kalian kepotng coba kalian liat lagi alat yg buat ngeluarin duitnya. Ngerinya sama kaya kejadian ini, tempat yang buat ngeluarin uangnya ditempel benda yang sama persis banget kaya buat ngeluarin duit itu, kalian tarik aja itu. Hanya triplek ditempel supaya kalian mikir kalo uang di atm habis. Dan pas dibuka uang kalian pasti ada di situ walaupun uangnya lengket karena terkena lem. Jadi buat kita semua agar waspada dan berhati hati. Alhamdulilah dapet pelajaran tadi malam. Hanya menginfokan saja. Terima Kasih," papar Israni.

Unggahan status yang dikuatkan melalui cuplikan video singkat dan foto tersebut menjadi viral. Lebih dari 10 ribu orang nge-share dan 2000 likes. Dalam videonya, Israni mendemonstrasikan bahwa jempol dan telunjuknya lengket setelah menyentuh ATM tersebut.

Dalam kondisi linglung dan panik, orang baru akan memeriksa seluruh bagian dari mesin tarik tunai tersebut, termasuk bagian bawahnya yang ada tulisan tangan berbunyi "ATM nya rusak". 

 

1 dari 2 halaman

ATM-nya kok lengket?

Banyak warganet yang bertanya di mana lokasi kejadiannya. Sementara Israni hanya menyebut pom bensin Alex. Salah seorang warganet kemudian memberitahu bahwa pom bensin yang ada di video tersebut terletak sederet dengan RS. Ananda, jalan Bekasi yang mengarah ke Jakarta.    

Israni Noviantari menemukan hal yang mengejutkan. Uang tak keluar dari mesin ATM dan ada benda lengket yang sengaja direkatkan di bagian mesin ATM. Setelah diperiksa dan memanggil petugas keamanan, ternyata mesin ATM itu telah diretas. Ada seorang yang sengaja memasangkan alat di slot lubang keluar uang. Sehingga uang tidak bisa keluar dan tertahan.

Begitu dibongkar ternyata alat itu hanya seperti papan triplek dan ditempelkan dengan lem. Hal ini membuat mesin ATM dan uang lengket dengan lem. Akun Fazri Zulkifli juga mengomentari kenapa tulisan soal ATM rusak ditempel oleh pelaku di bagian yang tak terlihat.

"Itu ditempel dibawah, makanya jarang ada orang yg sadar ada tulisan itu, saat uang ga keluar baru dia baca tulisan itu," jelasnya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan juga video pilihan di bawah ini: 

Artikel Selanjutnya
Tragis, Kado Uang Tunai dari Kekasih Hancur Tak Berbentuk
Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja