Sukses

Guru Oemar Bakri, Apakah Benar atau Fiktif?

Liputan6.com, Jakarta - Sosok guru Oemar Bakri terdengar akrab di telinga kita. Ya, untuk generasi tahun 90-an yang kerap mendengar lagu Iwan Fals, pasti sudah tak asing dengan nama tersebut.

Bahkan, sampai saat ini lagu Oemar Bakri kerap diperdengarkan kembali menjelang Hari Guru Nasional.

"Guru Oemar Bakrie" dalam karya lagu Iwan Fals menceritakan tentang sosok guru dengan kesederhanaannya dan pengabdiannya untuk mengajar selama 40 tahun merupakan bentuk loyalitasnya pada negeri.

Atas jasanya sebagai guru, Oemar Bakri menciptakan berbagai macam orang berguna dari profesor hingga dokter.

Gaji dikebiri tidak menahan semangat Oemar Bakri. Ia tetap setia mengayuh sepeda kumbangnya untuk memberi pelajaran dan ilmu kepada para muridnya.

Sosok Oemar Bakri yang ditulis pada lagu Iwan Fals merupakan representasi dari guru yang teladan. Selain teladan, Oemar Bakri juga tanpa pamrih dan setia dengan profesinya sebagi guru.

Siapa yang mengira bahwa sosok guru Oemar Bakri ternyata hanya fiktif belaka.

 

1 dari 2 halaman

Ini Dia Sosok di Balik Oemar Bakri

Meski fiktif, bukan berarti tidak ada sosok seperti Oemar Bakri. Iwan Fals menulis lagu itu terinspirasi dari sosok seorang gurunya pada waktu Sekolah Menengah Pertama (SMP), yakni Abah Landoeng.

Abah Landoeng merupakan salah satu guru fisika dan olahraga di SMP 5 Bandung. Pria yang kini genap berusia 92 tahun itu juga diklaim Iwan Fals sebagai sosok Oemar Bakri. Iwan Fals pernah mengungkapkan hal ini melalui akun Instagram pribadinya pada Oktober 2016.

Melalui akun Instagram, Iwan Fals membongkar sosok Umar Bakri yang menginspirasi lagunya. Foto: Istimewa

Walaupun penampilannya sudah tua, pria itu terkenal tidak pelit senyum. Abah Landoeng juga mengungkapkan dirinya senang karena lagu Oemar Bakri yang populer terinspirasi dari dirinya.

Meski sudah pensiun dari dunia pendidikan, Abah yang sudah tua justru tak suka berdiam diri di rumah. Pria kelahiran 11 Juli 1926, itu kerap aktif dan mengikuti acara komunitas di banyak daerah.

Dengan mendengar ketekunan dan pengabdian dari sosok Abah Landoeng sebagai Omear Bakrie, semoga hal ini bisa menjadi kisah inspiratif bagi banyak guru di Hari Guru Nasional.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Aliansi Dosen Adukan Rektor UNJ ke Ombudsman soal Dugaan KKN
Artikel Selanjutnya
Polda Metro Masih Teliti Laporan terhadap Jonru Ginting