Sukses

Gara-Gara Main di Mal, Tubuh Anak Ini Dipenuhi Bintik Merah

Liputan6.com, Filipina - Saat pergi ke luar rumah atau tempat ramai biasanya anak cenderung ingin bermain. Namun, seorang anak asal Filipina mengalami hal aneh pada tubuhnya setelah bermain di mal bersama anak-anak seusinya.

Sebuah akun Facebook dengan nama Madelyn Bercasio Gurango berbagi kisah mengenai kejadian memilukan yang dialami anaknya. Putra kecilnya itu terjangkit penyakit tangan, kaki, dan mulut (HFMD) setelah berjalan-jalan di mall.

Dalam unggahannya, Madelyn menceritakan bahwa dia membawa anaknya ke mal untuk memotong rambut, juga mengunjungi tempat bermain anak. 

Namun tak disangka, keesokan harinya Madelyn yang tengah bekerja mendapat kabar bahwa anaknya mengalami demam. Dia menganggap biasa demam yang dialami balitanya itu. Namun, kondisinya makin parah ketika tubuh anak itu dipenuhi banyak ruam.

Tanpa pikir panjang, Madelyn segera membawa anaknya ke rumah sakit terdekat. Barulah diketahui bahwa putra mereka yang bernama Clark, mengalami HFMD.

 

1 dari 2 halaman

Gejala penyakit

Sebenarnya tak ada gejala penyakit tangan, kaki, dan mulut (HFMD) pada bayi. Orangtua mungkin tak akan menyadari gejalanya pada balita mereka.

Namun, biasanya ada tanda-tanda yang perlu diwaspadai. Berupa demam, berkurangnya nafsu makan, tenggorokan kering dan biasanya diriingi dengan ruam pada bagian tubuh tertentu.

Tentunya dari kasus ini Madelyn memberikan peringatan kepada orangtua lainnya agar tak menyepelekan kondisi pada anak. Walaupun sudah diawasi dengan ketat sekalipun, anak masih bisa terjangkit penyakit.

Selain terjangkit penyakit, bakteri dan virus dari orang lain, imun tubuh balita juga masih rentan terhadap virus dan bakteri. Sehingga tubuh mereka lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, apa pun tanda-tanda dan gejala tak biasa pada anak tak boleh diabaikan.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: