Sukses

Keren, Burung Kecil Bisa Bikin Sangkar Raksasa Berseni Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Burung merupakan makhluk hidup yang bisa terbang dan memiliki suara khas pada tiap jenisnya. Tidak sedikit orang mempelihara burung karena keindahan akan suara yang dihasilkan burung tersebut. Jika ingin dipelihara tentunya seekor burung harus dimasukkan ke dalam sangkar agar dia tidak terbang bebas ke mana-mana.

Namun beda jadinya jika burung tersebut terbang bebas di alam liar. Mereka membuat sarang mereka dengan mengumpulkan rerumputan kering dan patahan ranting agar sangkar mereka kokoh dan nyaman. Salah satu sangkar burung yang membuat orang tercengang adalah sangkar yang dibuat oleh burung social weaver atau burung penenun.

Burung penenun adalah burung kecil dengan kemampuan membuat sarang yang mengagumkan. Burung ini mampu membuat sarang yang sangat besar. Jika dibandingkan dengan satu burung penenun, besarnya sarang burung ini berukuran ratusan bahkan ribuan kali lipat dari ukuran mereka.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahu Membahu Untuk Membangun Sarang

Dalam membuat sarang yang begitu besar, tentunya burung penenun tidak bekerja sendiri. Mereka saling bekerja sama untuk membangun sarang tersebut. Di dalam sarang raksasa tersebut bisa dihuni oleh ratusan burung penenun. Mereka juga membangun ruang di dalamnya sehingga mereka tidak bergerombolan di dalam sarang.

Diketahui sangkar burung penenun memiliki berat hingga 1 ton yang mereka buat di sebuah pohon besar. Bahkan karena beratnya sarang tersebut, tidak jarang sebuah pohon besar menjadi patah karena beratnya sarang mereka. Menariknya, hanya burung penenun jantan yang melakukan pekerjaan membuat sarang.

Membangun sarang untuk bersama juga merupakan salah satu perlindungan mereka dari predator yang mengancam nyawa mereka. Sarang raksasa tersebut juga memiliki umur yang cukup lama. Sarang mereka bisa tahan hingga bertahun-tahun, sehingga tidak jarang burung penenun tinggal di sarang yang sudah pernah dibuat.

 

3 dari 3 halaman

Beda Wilayah, Beda Bentuknya

Kemampuan artistik dalam membuat sarang yang membuat mereka terkenal. Bahkan sangkar mereka menjadi tontonan bagi para turis.

Banyak spesies burung penenun membangun sarang dengan cara yang unik, dan tiap wilayah, mereka menggunakan bahan yang berbeda. Burung penenun buffalo dari Kenya dan Tanzania membangun sarang yang compang-camping dari ranting, sementara burung penenun India membangun sarang yang rapi dan ketat menggunakan akar dan sulur dalam bentuk bola atau tabung yang luar biasa.

 

Penulis

Reza Sugiharto

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.