Sukses

10 Olahraga `Ngeri` yang Layak Dicoba Selagi Muda

Olahraga-olahraga berikut menantang adrenalin Anda. Sebelum meninggal, Anda mesti mencoba olahraga-olahraga berikut.

Citizen6, Jakarta Beberapa orang pasti mempunyai rasa takut akan sesuatu. Rasa takut tersebut yang membuat mereka tak berani mencoba sesuatu yang baru. Namun, bukankah hidup hanya sekali?

Hilangkan rasa takut Anda dan cobalah 10 olahraga menantang berikut sebelum Anda meninggal. Dijamin, sensasi yang Anda rasakan setelah mencobanya tak akan Anda lupakan.

10. Paralayang

Olahraga yang satu ini tak jauh berbeda dengan terjun dengan parasut. Hanya saja jika terjun dengan parasut haruslah dari atas pesawat, maka paralayang bisa dilakukan di atas bukit. Struktur parasut yang digunakan paralayang dapat membuat seseorang terbang 1-2 jam. Butuh beberapa minggu latihan untuk bisa terbang sendiri. Namun jika Anda tidak sabaran, Anda bisa terjun secara tandem. Di Indonesia, paralayang sudah mulai popular. Beberapa kali lomba paralayang internasional diadakan di Sumatera Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

9-8

9. Bungee Jumping

Bungee-Jumping

Sebelum mencoba olahraga yang satu ini, Anda mesti yakin mempunyai jantung yang kuat. Seorang bungee jumper mesti berada di tempat yang tinggi terlebih dahulu. Kemudian dengan kaki yang telah diikat tali elastis, bungee jumper melompat dari ketinggian tersebut. Tali elastis yang ia gunakan akan membuatnya melenting ke atas kembali. Olahraga yang satu ini butuh persiapan matang. Salah sedikit, nyawa taruhannya.

8. Canoeing & Kayaking

Kayaking

Keduanya memiliki persamaan mendayung. Namun yang satu menggunakan kano, yang lain memakai kayak. Olahraga yang satu ini biasa dilakukan di aliran air berarus deras seperti sungai, bendungan, bahkan air terjun. Beberapa yang lain dilakukan sambil menjelajah gua. Di beberapa daerah Indonesia, olahraga ini mulai banyak dilakukan.

3 dari 5 halaman

7-6

7. Motor Cross

dirt-bike

Olahraga yang satu ini sangat cocok bagi orang-orang yang menyukai tantangan. Dengan menggunakan motor khusus, Anda dapat berkendara di jalanan yang terjal, berlumpur, bahkan dipenuhi tanjakan dan kelokan yang curam. Jangan mencobanya sendiri jika Anda belum terlatih cukup lama.

6. Skiing

Skiing

Olahraga ski bukan lagi sekadar olahraga. Dewasa ini, sudah ada kejuaraan dunia yang mempertandingkan ski. Olahraga ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik. Sebab tubuh akan bertumpu pada kaki untuk menggerakkan papan ski yang digunakan.

4 dari 5 halaman

5-3

5. Zorbing

Zorbing

Beranikah Anda mencoba olahraga yang satu ini? Olahraga ini menggunakan bola karet yang tahan guncangan. Seseorang yang ingin mencoba olahraga ini mesti masuk ke dalam bola karet tersebut. Bola kemudian digelindingkan ke bawah bukit. Tubuh Anda pun akan berputar-putar sampai Anda merasa pusing.

4. Bobsledding

Bobsledging

Permainan yang satu ini tak hanya disebut sebagai olahraga. Sudah ada kejuaraan tahunan yang mempertandingkan olahraga ini. Bobsledding menggunakan kereta luncur dengan dua bangku penumpang. Kereta luncur kemudian akan meluncur di jalur yang berliku-liku. Tak ada pengontrol arah, hanya gerakan tubuh yang digunakan. Jika tidak berhati-hati, cedera yang parah menanti Anda.

3. Scuba Diving

Scuba Diving

Olahraga ini tak mengharuskan Anda bisa berenang. Namun yang pasti, Anda mesti mematuhi panduan dari pemandu bawah air Anda. Anda akan diajak menikmati suasana bawah laut dari dekat. Olahraga ini sudah makin populer di Indonesia. Sebab Indonesia memiliki banyak spot yang cocok untuk ber-scuba diving.

5 dari 5 halaman

2-1

2. Kite Wing

Kitewing

Olahraga ini memakai laying-layang yang dirancang untuk mengangkat tubuh dengan memanfaatkan tenaga angin. Alat bantu meluncur yang digunakan, tergantung dengan tempat Anda melakukan olahraga ini. Jika di atas salju, Anda butuh papan seluncur. Jika di atas air, Anda butuh papan selancar. Dan jika di jalanan beraspal, Anda butuh skateboard.

1. Glacier Climbing

Glacier Climbing

Dalam bahasa sederhana berarti memanjat dinding es. Olahraga yang satu ini mengharuskan Anda untuk memiliki kesehatan yang baik, kebugaran, serta konsentrasi yang tinggi. Olahraga ini menggunakan alat-alat seperti kapak es, tali pengaman, serta helm. Sebelum Anda mencoba olahraga ini, Anda mesti dasar-dasar gunung es. Meski berbahaya, Anda akan merasakan pengalaman yang tak tergantikan setelah mencoba olahraga ini. Olahraga ini hanya bisa dilakukan di tempat-tempat yang mempunyai gunung es.

Bagaimana? Beranikah Anda mencoba olahraga-olahraga tersebut?

***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini