Sukses

5 Trik Mudah Untuk Membaca Lebih Banyak Buku

Tak hanya menambah wawasan, buku pun memberikan kebebasan pembacanya untuk berimajinasi.

Citizen6, Jakarta Kita tahu bahwa buku merupakan sumber ilmu dan informasi. Tak hanya menambah wawasan, buku pun memberikan kebebasan pembacanya untuk berimajinasi. Manfaat buku memang sudah kita ketahui. Namun manfaat-manfaat tersebut tidak membuat kita berinisiatif untuk membaca lebih banyak buku. Ikuti 5 trik mudah ini jika Anda ingin lebih banyak membaca:

1.    Buatlah pencetus untuk membaca

Hubungkan kegiatan membaca Anda dengan bermacam-macam kegiatan Anda sehari-hari. Misalnya, setelah makan sempatkan diri untuk membaca beberapa halaman buku. Saat di perjalanan daripada bosan menunggu kemacetan lebih baik gunakan waktu untuk membaca. Anda juga bisa membaca sebelum tidur dibandingkan mengecek handphone.
Dengan menghubungkan kegiatan sehari-hari dengan membaca, maka sehari Anda bisa membaca berpuluh-puluh halaman.

2.    Nikmati kegiatan membaca

Dengan menggabungkan kegiatan sehari-hari dengan membaca, jangan sampai kita beranggapan membaca adalah kewajiban yang harus segera dituntaskan. Jika Anda merasa seperti ini, Anda pun memilih untuk berhenti membaca.
Maka cara yang tepat, saat membaca lepaskan diri kita untuk masuk ke dunia yang ditawarkan oleh buku dan nikmati pengamalan baru yang ditawarkan.

3.    Bacalah buku yang Anda sukai

Teman Anda merekomendasikan genre buku yang asing bagi Anda. Lalu dia berpendapat buku ini adalah buku terbaik sepanjang masa. Nah jika Anda tidak tertarik terhadap buku tersebut, maka jangan paksakan diri Anda membacanya. Sesuatu yang tidak menarik cenderung membuat kita bosan. Sehingga keinginan untuk membaca pun menghilang.
Pilihlah buku atau penulis yang memang Anda sukai. Menikmati proses membaca akan memancing Anda untuk terus membaca buku-buku.

4.    Selalu bawalah buku Anda

Kemanapun Anda pergi, bawalah buku Anda. Kita tidak tahu dalam sehari apa yang akan terjadi. Misalnya Anda harus menunggu teman saat janjian, daripada merasa kesal lebih baik Anda masuk ke dunia buku.
Apalagi kemudahan yang ditawarkan saat ini, ebook semakin populer dan dijadikan pilihan oleh orang-orang yang ingin lebih mudah membawa buku atau tidak ingin buku fisiknya rusak saat di bawa-bawa. Jadi tak ada alasan lagi sulit membawa buku.

5.    Hindari gangguan dalam membaca

Anda tipe yang cepat kehilangan konsentrasi membaca saat suasana sekitar berisik? Atau Anda tidak bisa lepas dari mengecek handphone saat melakukan kegiatan? Maka hindarilah gangguan tersebut. Carilah lokasi yang nyaman untuk membaca misalnya di kamar tidur Anda. Lalu letakkan handphone atau sumber gangguan lainnya jauh dari Anda.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini