Sukses

3 Tips Bergaul Nyaman di Kantor

Yuk kita intip apa saja hal-hal yang bisa membuat kehidupan pergaulan kita di kantor menjadi lebih nyaman.

Citizen6, Jakarta Yuk kita intip apa saja hal-hal yang bisa membuat kehidupan pergaulan kita di kantor menjadi lebih nyaman.

3 tips singkat untuk bergaul ini jika kita terapkan, bisa memperbaiki kehidupan pergaulan kita dengan rekan-rekan di lingkungan kantor, yang mana telah kita ketahui bersama bahwa pergaulan dengan orang banyak, tentu saja berkonsekuensi menimbulkan “gesekan-gesekan”. Namun bukan berarti kita harus menghindari pergaulan dengan orang banyak, karena bergaul dengan orang banyak lebih mulia dibanding kita hidup menyendiri.

1.    Tebarkan salam dan wajah yang berseri-seri.

Tips ini saya taruh di awal karena mengucapkan salam dan wajah berseri-seri merupakan perbuatan yang seharusnya mudah dilakukan. Mengucap salam terlebih dulu dan wajah berseri-seri  kepada orang lain adalah sebab kebaikan pergaulan. Dan sebaik-baik perbuatan adalah ketika kita melakukannya dengan terus-menerus walaupun perbuatan itu terasa remeh dalam pandangan.

2.    Menjadi pemaaf.

Ketika dalam pandangan kita ada rekan yang melakukan kesalahan, baik itu disengaja atau tidak dan kesalahannya bisa jadi berpengaruh pada diri kita, terkadang kita tidak bisa menahan diri, kita berusaha berbuat sesuatu dengan lisan dan  perbuatan kita untuk menunjukkan bahwa rekan kita itu salah. Kadang kita ngomel sendiri, memarahi rekan tersebut, membicarakan kesalahannya dengan orang lain dan yang lain semisalnya. Berpikirlah jika suatu hari kita melakukan suatu kesalahan, manakah yang kita mau, dimaafkan ataukah kesalahan kita diumbar ke orang lain? Apapun masalahnya, memaafkan suatu kesalahan adalah lebih utama.

3.    Berbuat baik.

Berbuat baik bisa bermakna luas, tidak hanya melakukan perbuatan-perbuatan baik saja seperti: menolong rekan yang susah atau sakit, empati dsbnya, namun berbuat baik juga berarti membalas perbuatan baik orang lain dengan perbuatan baik lagi atau yang melebihinya termasuk didalamnya kita berbuat baik terhadap orang yang berbuat dholim kepada kita. Kok bisa?

Memang terasa berat melakukannya, kecuali orang-orang yang memiliki kesabaran. Kesabaran itu bertingkat-tingkat, mari kita melatih kesabaran dengan berbuat baik dalam segala hal dan dalam kondisi apapun tanpa “pandang bulu”.

Mulailah dari diri kita sendiri untuk bergaul dengan nyaman ke rekan-rekan kita, tentunya hal ini akan mampu menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif, seberat apapun tantangan dan tekanan yang selalu kita hadapi dalam bekerja.


Penulis:

Riche Parlina, S.E.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini