Sukses

Parade 630 Biksu Jelang Waisak Untuk Kumpulkan Dana

Tepat 2 Juni 2015 mendatang dirayakan sebagai hari besar agama Buddha yakni hari Trisuci Waisak.

Citizen6, China Tepat 2 Juni 2015 mendatang dirayakan sebagai hari besar agama Buddha yakni hari Tri Suci Waisak. Hari Waisak juga diperingati tiap tahunnya dengan beragam tradisi dan ritual berbeda oleh umat Buddha di berbagai negara.

Dalam menyambut hari paling bermakna bagi umat Buddha ini berbagai kelompok orang sudah menjalankan tradisinya masing-masing, salah satunya di China. Dilansir shanghaiist.com pada Kamis (28/5/2015), sekitar 630 biksu di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China terlihat berbaris seperti antrean untuk mengumpulkan dana yang ditujukkan untuk amal di Hari Waisak.

630 biksu yang mengikuti acara amal ini berasal dari sepuluh kuil Buddhan dan lembaga yang berbeda. Mereka terlihat mengenakan topi bambu, jubah dan sandal sambil membawa mangkuk sumbangan saat berjalan dari kuil Faxijiang ke kuil Lingyin.

Para biksu juga berhasil mengumpulkan uang sebanyak 468 ribu Yuan atau setara dengan Rp 99 juta yang keseluruhannya akan disumbangkan ke Yayasan Amal Zheijiang.

Waisak dirayakan setiap bulan puranama di bulan Mei atau Purnama Sidhi. Waisak memperingati tiga peristiwa paling penting dalam kehidupan Buddha Gautama Siddharta dan dikenal sebagai Tri Suci Waisak. Peristiwa penting pertama adalah kelahiran Pangeran Siddharta di Taman Lumbini tahun 623 SM.

Peristiwa penting kedua adalah pencerahan dimana Pangeran Siddharta menjadi Buddha di Bodhgaya pada usia 35 pada tahun 588 SM. Ketiga adalah wafatnya Buddha Gautama di Kusinara pada usia 80 tahun (543 SM).

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini