Sukses

Tidak Diamputasi, Tangan Pasien Ini Dicangkokkan ke Kaki

Pasien ini tidak jadi kehilangan tangan kirinya, setelah dokter mencangkokkan tangannya pada kakinya selama operasi

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rumah sakit di Hunan, berhasil "mengamankan" tangan pasiennya untuk tidak diamputasi setelah tangan tersebut dicangkokkan pada kaki sang pasien, sebagaimana yang dilaporkan dari Xiaoxiang Morning News.

Tang Juyu, Kepala Departemen Operasi Mikro Lengan di Rumah Sakit Xiangya, memberitahukan pada reporter bahwa pria benama tengah Zhou telah dalam proses rehab. Pasien tersebut hanya baru dapat menggerakan jari-jari tangannya. 

Operasi ini adalah yang kedua yang dilakukan oleh rumah sakit, setelah keberhasilan pertamanya pada Desember 2013.

Sebagaimana dilansir dari laman shanghaiist.com, Zhou dilarikan ke rumah sakit lokal setelah cedera tangan karena kecelakaan kerja. Merusak seluruh lengan kiri bawahnya. 

Rumah sakit lokal menyarankan agar ia mengamputasi tangannya. Namun, ketika pindah ke Rumah sakit Xiangya para dokter melakukan hal berbeda. Mereka tidak mengamputasikan tangan sang pasien. Tetapi mempertahankan tangan kirinya dengan cara cangkok pada kaki selama operasi. Agar tangan tersebut tetap dialiri darah dan dapat bertahan hingga proses penempelan kembali.

Bagaimana dengan usaha keras para dokter untuk menolong lengan si pasien ini? Ternyata akan selalu ada jalan untuk kita mempertahankan apa yang berharga dari diri kita, bukan? 

 

**ingin berbagi informasi untuk dan dari Anda melalui Citizen6? Caranya dapat disimak di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.