Sukses

Gua Pote Jeddih, Indahnya Tempat Wisata di Madura

Pulau Madura menyimpan banyak potensi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan.

Citizen6, Jakarta Pulau Madura menyimpan banyak potensi wisata yang sangat sayang jika dilewatkan. Salah satunya Gua Pote (putih) yang berada di desa Jeddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. Gua-gua putih tersebut merupakan bekas galian dari penambangan batu kapur yang ada disekitar pegunungan kapur di Jeddih. Umumnya bekas galian berupa ceruk-ceruk sedalam 10 meter bahkan lebih. Keunikan bekas galian inilah yang kemudian membuat Mustofa (47), seorang penambang batu mencetuskan ide untuk membuat kolam renang terbuka yang menyatu dengan alam.

“Saat mengeruk bukit kapur kami menemukan sumber mata air yang sangat melimpah dan ternyata itu sebuah aliran sungai yang sangat deras. Bertahun-tahun kemudian saya berpikir apa yang bisa dimanfaatkan dengan keberadaan sumber mata air ini.” Tuturnya mengenai asal muasal pembangunan kolam renang gua pote. Sumber mata inilah yang kemudian menyuplai kebutuhan air kolam.

Selengkapnya

Pengirim:
Ifa Ikah
Twitter : @ifaikah

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.