Sukses

5 Fakta Aneh Vietnam yang Mencengangkan

Sampai sekarang budaya atau kebiasaan tradisional yang aneh di Vietnam masih dipraktekkan.

Citizen6, Jakarta Vietnam, negeri paling timur di semenanjung Indochina di Asia Tenggara ini diperintah oleh China selama lebih dari seribu tahun, dijajah Perancis selama seabad dan pernah diduduki  Amerika selama lebih dari satu dekade.

Namun Vietnam tetap mampu mempertahankan budaya uniknya. Sampai sekarang budaya atau kebiasaan tradisional yang aneh di Vietnam masih dipraktekkan. Berikut diantaranya:
 
1. Memakai piyama di segala suasana

Model baju piyama, lazimnya dipakai khusus untuk tidur malam. Namun di Vietnam model baju ini telah menjadi fashion yang sangat populer, terutama di wilayah pedesaan. Piyama biasanya dipakai oleh perempuan saat mereka bekerja di luar atau di dalam rumah. Memakai piyama di segala suasana di Vietnam adalah normal.

Biasanya piyama mempunyai motif bunga-bunga yang dipadu dengan celana panjang yang longgar.

2. kopi Luwak

 Sampai sekarang budaya atau kebiasaan tradisional yang aneh di Vietnam masih dipraktekkan.

Vietnam adalah eksportir kopi terbesar kedua di dunia, tetapi sebagian besar yang dijual kualitasnya rendah. Di sini kopi saring bisa ditemukan di mana-mana.

Namun ada juga kopi yang berkualitas tinggi di jual di sini, kopi luwak. Seperti di Indonesia, kopi ini berasal dari kotoran luwak. Luwak atau musang hanya akan memakan kopi yang sudah masak. Setelah dibersihkan, dikeringkan lalu dipanggang, akan berubah menjadi salah satu kopi terbaik di dunia.

Harga 100 gram kopi luwak sekitar 90 $ atau kalau beli di kedai kopi bisa dibeli dengan harga 2,75 $ per cangkir.

3. Arak ular

 Sampai sekarang budaya atau kebiasaan tradisional yang aneh di Vietnam masih dipraktekkan.

Di negeri ini, kuliner ekstrim menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Beberapa diantaranya adalah serangga, belalang, laba-laba jangkrik, lebah, kalajengking, kaki seribu dan lainnya.

Namun ada satu kebiasaan orang Vietnam yang sangat aneh, memburu ular untuk diambil darahnya. Di desa-desa yang jarang penduduknya, masih banyak ditemui orang yang membunuh ular untuk diambil darahnya.

Cara mereka cukup brutal, kepala ular diikat dengan tali, kemudian lehernya dipotong sehingga darah ular menetes. Sebuah botol yang berisi arak yang berasal dari beras disiapkan. Mereka mengkonsumsi arak ular ini dengan gembira.

4. Memakan ulat sutra


 Sampai sekarang budaya atau kebiasaan tradisional yang aneh di Vietnam masih dipraktekkan.

Mungkin banyak yang sudah mendengar bahwa serat serat alami yang paling indah di dunia berasal dari ulat sutra.  Namun menyaksikan proses pembuatan kain sutra dari ulat murbai adalah pengalaman yang mengejutkan dan menyenangkan.  Kepompong ulat berbulu yang tampak putih direbus dalam tong besar, sehingga larva atau ulat di dalamnya mati.

Para perempuan memintal benag-benang sutera tersebut menjadi lembaran kain yang menawan.  Sementara larva atau ulat yang sudah direbus dijadikan menu yang lezat.  


5. Patung Budha di Taman Hiburan

 Sampai sekarang budaya atau kebiasaan tradisional yang aneh di Vietnam masih dipraktekkan.

Mungkin ada yang tidak percaya kalau tempat beribadah bisa berada dalam taman hiburan. Di Suoi Tiên Theme Park di luar Kota Ho Chi Minh, pengunjung bisa berdoa di depan patung Buddha yang suci.

Setelah itu, mereka bisa langsung melompat menikmati segala hiburan yang disediakan seperti roda Ferris dengan halo listrik warna-warni yang berada di belakang patung Buddha.  Atau anda juga bisa  main seluncuran air yang berujung pada mulut patung raksasa, dan banyak permainan menarik lainnya.

Unik kan?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk Anda melalui Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.