Sukses

6 Universitas Ini Berpredikat Terbesar, Tertua dan Terbaik Dunia

Di Indonesia sendiri ada banyak universitas yang ternyata masuk dalam daftar 1000 universitas terbaik di dunia.

Citizen6 Setelah lulus SMA, kebanyakan orang punya mimpi untuk bisa meneruskan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Di Indonesia sendiri ada banyak universitas yang ternyata masuk dalam daftar 1000 universitas terbaik di dunia. Benarkah? Lalu universitas mana saja yang menempati posisi puncak dan mendapatkan predikat sebagai universitas terbaik di dunia?

Universitas Princeton (Amerika Serikat) 

Universitas Pinceton adalah salah satu universitas terbaik di dunia yang terletak di New Jersey, Amerika Serikat. Bahkan universitas ini diklaim sebagai institusi salah satu yang tertua di Amerika Serikat. Ada empat bidang yang bisa Anda pelajari di universitas ini, yaitu arsitektur, teknik, publik, dan urusan internasional. Dahulu, universitas ini padahal tidak punya program profesional, namun saat ini Princeton telah menjelma menjadi pusat penelitian terkemuka di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

University of Cambridge (Inggris)

University of Cambridge ini usianya sudah lebih dari 800 tahun, karena mulai berdiri pada tahun 1209. Bahkan University of Cambridge ini bisa dikatakan sebagai landasan ilmu pengetahuan Barat. Banyak tokoh-tokoh dunia terkenal dalam sejarah yang belajar di University of Cambridge, mulai dari Isaac Newton, Charles Darwin, Stephen Hawking, hingga Alan Turing. Sejauh ini, University of Cambridge sudah meraih 80 penghargaan Nobel.

3 dari 6 halaman

University of California di Berkeley (AS)

Universitas ini juga dikenal dengan nama UC Berkeley atau Berkeley saja, sebuah universitas. UC Berkeley didirikan pada tahun 1868 dan menjadi salah satu kampus tertua di Amerika Serikat. Siswa yang berkuliah di kampus ini berasal dari 100-an negara di dunia. Bahkan sampai sekarang, profesor-profesor dari UC Berkeley banyak yang menjadi orang-orang terbaik di dunia juga. Bahkan sudah ada 19 orang profesor dari UC Berkeley yang pernah mendapatkan penghargaan nobel.

4 dari 6 halaman

Institut Teknologi Massachusetts (AS)

Di urutan selanjutnya ada Institut Teknologi Massachusetts yang berdiri pada 1861. Seiring dengan berjalannya waktu, kampus ini sudah menjelma menjadi salah satu pusat riset ilmiah papan atas di dunia. Bahkan, tidak sedikit lulusan Institut Teknologi massachutsetts yang menjadi ilmuwan dan insinyur ternama di dunia. Di sana juga banyak terlahir politisi, dan orang-orang pembentuk dunia seperti Noam Chomsky, Kofi Annan dan Buzz Aldrin.

5 dari 6 halaman

Universitas Stanford (AS)

Stanford adalah universitas swasta yang terletak di wilayah Santa Clara, wilayah yang sampai saat ini belum disahkan sebagai kota. Tempat ini adalah universitas terbesar kedua di dunia. Adapun bidang pendidikan yang bisa Anda pelajari di Universitas Stanford ini diantaranya, teknik, hukum, kedokteran, pendidikan, bisnis, ilmu bumi, sains, hingga humaniora.

6 dari 6 halaman

Universitas Harvard (AS)

Yang satu ini dikenal sebagai universitas terbesar dan terbaik di dunia. Bahkan Unviersitas Harvard yang pertama kali didirikan pada 1636 silam ini juga menjadi salah satu yang tertua di Amerika Serikat. Memang tak terbantahkan kalau universitas ini dinilai sebagai yang terbaik, karena kampus ini hampir mendominasi semua bidang ilmu, termasuk humaniora. Harvard juga masuk dalam jajaran universitas di seluruh dunia dengan pendapatan terbesar, yaitu mencapai 22,6 milyar USD.

Bagiamana, apakah Anda punya cita-cita untuk bisa masuk ke salah satu universitas terbaik di dunia tadi? Mungkin suatu saat nanti Anda bisa masuk ke salah satu universitas di atas, lalu menjadi lulusan terbaik dan pulang ke Indonesia untuk memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini