Sukses

Wisata ke Pulau Menjangan, Aduhai Indahnya

Dinamakan Pulau Menjangan karena di pulau tak berpenghuni ini terlihat ada banyak menjangan, tapi populasinya kian menurun.

Citizen6, Jakarta Jam 1 siang baru lewat beberapa menit ketika kapal yang kami tumpangi mendekati daratan Pulau Menjangan. Dari kejauhan terlihat ada dermaga, sebuah gerbang, serta sebuah bangunan mirip rumah. Oh, aku kira pulau ini hanya berisi bangunan pura, ternyata ada juga yang lainnya. Tadi, sewaktu sedang mengelilingi pulau, dari atas kapal yang sedang berlayar aku lihat kapal-kapal berlabuh begitu saja di sekitar pantai dan hutan mangrove. Tak ada apa-apa. Benar-benar seperti pulau asing.

Apa yang aku inginkan saat berada di pulau Menjangan? Ingin berjumpa hewan menjangan, duduk-duduk di pantainya yang berpasir putih, jalan-jalan menyusuri savana, keliling melihat 7 pura, memotret dan dipotret sebanyak-banyaknya *yang ini mesti. Mesti!*. Tapi satu hal paling urgent yang aku ingin lakukan saat singgah di pulau ini adalah makan siang. Lapar men!

Menjangan dalam bahasa Jawa berarti kijang. Dinamakan Pulau Menjangan karena di pulau tak berpenghuni ini terlihat ada banyak menjangan, tapi populasinya kian menurun. Untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan dan tentunya untuk menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati Pulau Menjangan dan sekitarnya, akhirnya pemerintah melakukan usaha konservasi dengan menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat.

Selengkapnya

Pengirim:

Katerina S

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

***Ingin berdiskusi peristiwa yang sedang tren,pendidikan, kuliner, kecantikan dan uniknya dunia yuk klik di http://forum.liputan6.com/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini