Sukses

Lima Lokasi Wisata yang Ada di Mata Uang Rupiah

Beberapa desain uang kertas bahkan pernah didaulat sebagai mata uang terbaik di dunia.

Citizen6, Jakarta Mata uang rupiah merupakan alat pembayaran resmi di Indonesia yang terdiri dari kertas dan logam. Keduanya didesain sedemikian rupa agar tampak lebih menarik dan berbeda untuk setiap pecahannya. Khusus untuk uang kertas, setiap pecahannya memiliki desain unik dengan gambar-gambar yang lebih banyak.

Beberapa desain uang kertas bahkan pernah didaulat sebagai mata uang terbaik di dunia. Selain karena kualitas, desainnya pun mendapat pujian dari banyak pihak dalam dan luar negeri. Tidak hanya pahlawan dan kebudayaan Indonesia, uang kertas juga berisi gambar lokasi-lokasi wisata.

Semua desain yang ada bukan imajinasi semata, namun lokasi ini benar-benar bisa dinikmati dalam dunia nyata. Mulai dari Pulau Sumatera hingga Pulau Tidore terpampang pada beberapa mata uang rupiah. Apa saja lokasi wisata yang ada di mata uang rupiah?

1. Danau Kelimutu, Ende

Danau Kalimutu menjadi lokasi wisata yang ada pada desain pecahan Rp 5.000 pada tahun 1992. Desain depan uang pecahan ini menggambarkan alat musik petik Sasando Rote dari Nusa Tenggara Timur dan Danau Kalimutu dibagian belakangnya. Danau yang terletak di puncak gunung Kalimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini memang terkenal memiliki pemandangan yang indah karena bisa berubah-ubah warna dengan sendirinya.

Warna yang terlihat biasanya merah, biru, dan putih. Namun warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Tempat wisata lain, yuk baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

***Ingin berdiskusi tekonologi, gadget terkini ,pendidikan, kuliner, kecantikan dan uniknya dunia yuk klik di http://forum.liputan6.com/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini