Sukses

6 Fakta tentang Bakteri yang Membuatmu Shock

Bakteri adalah mikroorganisme yang bisa hidup di manapun.

Citizen6, Jakarta Bakteri adalah mikroorganisme yang bisa hidup di manapun. Mulai dari di alam terbuka, bahkan bisa hidup pada organ tubuh dalam manusia. Ada beberapa yang disebut bakteri jahat dan ada bakteri baik. Bakteri jahat biasanya adalah spesies yang bisa menyebabkan penyakit atau gangguan kesehatan.

Sedangkan bakteri baik biasanya terdapat pada susu, yang gunanya untuk memerangi bakteri jahat. Unik, ya? Tapi mungkin beberapa fakta unik tentang bakteri berikut ini bisa membuat Anda terkejut.

1. Bakteri Penyebab Bau Khas Hujan

Setelah mengalami musim panas atau musim kering yang panjang, suasana hujan menjadi suasana yang sangat dirindukan. Namun tahukah Anda, kalau rasa rindu Anda terhadap hujan juga dijawab oleh bakteri bernama Actinomycetes. Ya, setelah lama tidak hujan, biasanya Anda akan menicum aroma khas hujan. Nah, bakteri Actinomycetes itulah yang bisa menimbulkan aroma hujan.

2. Bakteri di Telepon Selular

Di zaman modern ini ponsel sudah seperti menjadi kebutuhan pokok. Bahkan hampir tidak ada yang betah menghabiskan waktu 3 jam tanpa ponsel. Yang perlu Anda ketahui adalah, bakteri yang menempel di ponsel bisa 18 kali lebih banyak ketimbang bakteri yang ada di toilet atau di pegangan kursi. Hal ini tentu harus membuat Anda berhati-hati, karena artinya ponsel sangat berisiko menyebabkan berbagai penyakit.

3. Jumlah Bakteri di Lubang Pusar

Berapa kali Anda membersihkan lubang pusar dalam kurun waktu setahun? Mungkin tidak semua orang meluangkan waktu untuk membersihkan lubang pusarnya sendiri. Bahkan dalam setahun belum tentu Anda membersihkan lubang pusar Anda. Hal ini membuat pusar menjadi rumah yang nyaman bagi bakteri. Perlu Anda ketahui kalau lubang pusar dihuni sekitar 1.458 spesies bakteri.

4. Bakteri yang Ada di Mulut dan Gigi

Mulut dan gigi pasti setiap hari Anda bersihkan dengan bersikat gigi. Minimal seseorang disarankan untuk menyikat gigi sebanyak dua sampai tiga kali. Namun faktanya, ternyata dalam mulut yang bersihpun terdapat sekitar 1.000 – 10.000 spesies bakteri di setiap gigi. Jadi ada berapa jumlah bakteri di dalam mulut Anda? Tinggal hitung saja jumlah gigi di dalam mulut Anda, dan kalikan dengan 10.000.

5. Anti-Bakteri pada Cokelat

Pernahkah Anda dilarang makan cokelat oleh ibu Anda dengan alasan cokelat bisa merusak gigi? Memang banyak anak-anak kecil yang hobi makan cokelat dan dan giginya menjadi rusak. Tapi mungkin penyebabnya bukan karena cokelat. Faktanya, coklat justru memiliki efek anti-bakteri di dalam mulut. Sangat bertentangan dengan himbauan dari ibu saat kita kecil, karena ternyata makan coklat bisa membantu mencegah kerusakan gigi.

6. Tubuh Bayi Steril Saat Pertama Dilahirkan

Bayi yang lahir dari rahim sang ibu mungkin akan diselimuti dengan darah segar dari proses persalinan. Setelah itu biasanya bayi mulai dibersihkan dan dihangatkan menggunakan selimut. Namun ternyata, saat bayi pertama kali dilahirkan ke dunia, tidak ada satupun bakteri yang menempel di tubuh bayi. Artinya tubuh bayi yang baru lahir benar-benar steril secara alami. Bakteri mungkin baru akan menempel setelah ada tangan atau benda lain yang berinteraksi dengan bayi.

Nah, itu dia enam fakta yang mungkin belum Anda ketahui tentang bakteri. Apalagi bakteri ini bukanlah makhluk hidup yang bisa terlihat secara kasat mata. Jadi wajar, jika banyak orang yang belum memahami banyak hal mengenai bakteri.

Penulis:

 M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini