Sukses

Akane, Ahli Sake Termuda yang Baru Berusia 10 Tahun

Meski baru berusia 10 tahun, kemampuannya telah diakui lembaga sake ternama di Jepang

Citizen6, Jakarta Akane Niikura, meski baru berusia 10 tahun, namun ia telah lulus ujian Institut Sake Jepang. Hal ini membuatnya menjadi ahli sake termuda. Uniknya, Akane mengetahui kualitas sake tanpa mencicipinya sama sekali. Ia hanya mengandalkan indra penciumannya yang tajam sebab ia masih terlalu muda untuk mencicipi sake.

Akane telah lama dikenal sebagai salah satu bocah jenius di Jepang. Sebelumnya, ia diakui karena keahliannya memasak. Kini, ia makin dikenal sebagai ahli sake. Dan karena usianya yang masih muda, diyakini kemampuannya masih akan berkembang.

Dilansir dari Weirdlife, Senin (28/09), meski belum boleh mencicipi sake, Akane bisa dengan tepat menentukan komposisi sake serta kualitasnya hanya dengan menciumnya serta mengamati teksturnya.

Hidung Akane terbukti sangat akurat. Institut Sake Jepang harus mengakui ketajaman penciuman Akane setelah ia lulus tes mereka tanpa minum setetes pun anggur beras tersebut. Sebagai seorang putri pemilik bar, Akane sudah terbiasa dengan bau sake dari berbagai daerah di Jepang.

Bahkan karena sering membantu ibunya di bar, ia bisa membuat makan siang sendiri dengan baik. Ia juga mempelajari makanan yang biasa disajikan di barnya. Akane juga tak segan merekomendasikan makanan untuk pengunjung bar orang tuanya saat pulang sekolah dan membantu orang tua.

Nyatanya, kebanyakan pengunjung menyukai rekomendasi Akane. Akane berharap, ia dapat seperti ibunya ketika dewasa kelak. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.