Sukses

3 Kota Paling Berpengaruh dalam Sejarah

Setiap negara pasti memiliki beberapa kota yang menjadi pusat pemerintahan atau pusat aktivitas yang membuat negara tersebut menjadi hidup.

Citizen6, Jakarta Setiap negara pasti memiliki beberapa kota yang menjadi pusat pemerintahan atau pusat aktivitas yang membuat negara tersebut menjadi lebih hidup. Bahkan kesejahteraan satu kota di sebuah negara juga bisa menggambarkan betapa majunya negara terkait. Namun tidak dengan beberapa kota yang akan kita bahas kali ini. Kota-kota tersebut tidak hanya berpengaruh untuk negaranya saja, namun juga memberikan pengaruh yang cukup besar dalam perjalanan sejarah.

1. Paris

Paris bisa dibilang menjadi salah satu kota paling populer di dunia. Banyak orang memimpikan untuk datang ke Paris dan melihat langsung menara Eiffel. Namun dalam sejarah, Paris sangat berperan menjadi pusat kebudayaan Eropa dan dunia fashion sejak Abad pertengahan. Kota ini terlihat sangat modern dan menjadi inspirasi untuk kota-kota lain di Eropa. Bahkan ibu kota Prancis ini juga menjadi salah satu pusat ide-ide sosial politik yang mengubah dunia.

2. Ur

Setiap negara pasti memiliki beberapa kota yang menjadi pusat pemerintahan atau pusat aktivitas yang membuat negara tersebut menjadi lebih h

Unik ya nama kotanya? Ur ini adalah sebuah kota di negara Irak. Di mana menurut Alkitab, nama Ur berasal dari orang yang pertama kali mendirikan pemukiman di kota tersebut, meskipun teori tersebut masih diperdebatkan. Kota ini menjadi kota pelabuhan yang cukup berpengaruh di Teluk Persia. Kota yang berasal dari sebuah desa kecil pada zaman 5000-4100 SM itu pun menjelma menjadi salah satu kota paling berpengaruh di dunia.

3. Konstantinopel

Setiap negara pasti memiliki beberapa kota yang menjadi pusat pemerintahan atau pusat aktivitas yang membuat negara tersebut menjadi lebih h

Konstatinopel menjadi salah satu kota paling berpengaruh dan paling bersejarah di dunia. Kota ini didirikan ribuan tahun yang lalu oleh orang-orang Yunani Kuno. Bagi Anda yang asing dengan kota ini, Konstantinopel sekarang disebut dengan Istanbul. Kota ini telah banyak mempengaruhi dunia dalam karya arsitektur bangunannya. Salah satu arsitektur yang banyak menginspirasi adalah bangunan Aya Sophia. Gereja yang kini telah dialihfungsikan menjadi masjid.

Itu dia tiga kota paling berpengaruh di dunia sepanjang perjalanan sejarah. Mungkin ketiga kota tersebut bisa menjadi inspirasi wisata bagi Anda untuk mengisi waktu liburan di akhir tahun bersama keluarga dan teman-teman.

Penulis:

M Sufyan

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.