Sukses

Unik, Kota Ini Melarang Keras Mobil Melintas

Salah satu contoh kota yang berencana untuk melarang mobil melintas di jalanannya adalah ibu kota Norwegia, yakni Oslo.

Citizen6 Kini semakin banyak pengguna mobil pribadi, jadi sepertinya tidak mungkin bila ada jalan raya sebuah kota yang terbebas dari deretan mobil yang melewatinya.Ternyata ada sejumlah kota, bahkan beberapa diantaranya adalah ibu kota sebuah negara yang akan memberlakukan peraturan mobil dilarang lewat di jalanan kota tersebut.

Salah satu contoh kota yang berencana untuk melarang mobil melintas di jalanannya adalah ibu kota Norwegia, yakni Oslo. Peraturan yang sekaligus bertujuan untuk mengurangi polusi tersebut akan berlaku mulai tahun 2019 mendatang. Sebagai kompensasi dari peraturan yang melarang mobil pribadi melintasi jalanan Oslo, maka Norwegia siap untuk mengalirkan dana secara besar-besaran guna pembangunan lebih dari 56 ribu km jalur sepeda dan juga transportasi massal, agar warga Oslo tetap nyaman melakukan aktivitas mereka sehari-hari meskipun tanpa menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, ternyata bukan hanya Oslo saja kota di benua Eropa yang akan memberlakukan peraturan bahwa mobil dilarang melintasi jalanan yang ada di kota tersebut, sebab tahun lalu, Spanyol telah menyatakan akan memberlakukan peraturan yang serupa untuk kota Madrid mulai tahun 2020 mendatang. Selain itu, Paris juga telah melarang mobil pribadi untuk melintas di jalanan khususnya di kawasan sekitar Menara Eiffel dan Katedral Notre Dame. (ul)

Pengirim:

M Sufyan

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini