Sukses

Mengapa Hubungan Arus Pendek Listrik Bisa Sebabkan Kebakaran?

Kebakaran di tempat karaoke Inul vista Manado. (doc. istimewa)

Citizen6, Jakarta Akhir-akhir ini peristiwa kebakaran marak terjadi. Entah melanda pusat perbelanjaan, perkantoran, perumahan, dan yang baru-baru ini tempat karaoke milik pedangdut ternama Inul vista. Berkali-kali pula kita melihat di televisi, di surat kabar, dan di media-media elektronik, kebakaran disebabkan karena hubungan arus pendek listrik. Setidaknya penjelasan polisi begitu.

Lalu mengapa selalu arus pendek listrik penyebabnya?

Berdasarkan informasi yang dapat dihimpun citizen6, hubungan arus pendek listrik memang dapat memicu terjadinya kebakaran. Apalagi jika instalasinya tidak dicermati dengan benar. Instalasi listrik umumnya terdiri dari tiga elemen, yaitu power supply, kabel, dan hambatan. Perusahaan Listrik Negara (PLN) di sinilah sebagai power supply-nya alias sumber aliran listrik utama.

Instalasi kedua adalah kabel yang berfungsi sebagai jalur listrik. Kabel berfungsi untuk menghubungkan dan mengalirkan listrik. Lalu hambatan, fungsinya untuk menghambat arus listrik supaya arus listrik lebih terartur. Hambatan ini yang sering kita kenal resistor.

Dalam setiap instalasi listrik harus mempunyai hambatan karena ketika listrik mengalir lewat kabel ada energi yang berubah menjadi panas. Semakin besar energi listrik yang mengalir semakin banyak panas yang dihasilkan. Maka resistor atau penghambat berperan penting untuk menyetabilkan aliran listrik.

Selain itu, kebakaran bisa terjadi juga karena kabel. Pada umumnya kabel dibungkus lapisan karet. Lapisan tersebut ditujukan untuk melindungi manusia yang bersentuhan langsung dengan kabel. Namun sayangnya, banyak sekali kabel abal-abal beredar di pasaran. Lapisan karet ini tidak dibuat dengan cukup baik sehingga mudah rusak dan akbitnya isi kabel mudah mencuat keluar.

Jika ini dibiarkan, lama kelamaan panas yang luar biasa yang keluar dari kabel itupun terbakar. Apinya kemudian menjalar ke lapisan kare kabel-kabel yang lain, lantasan ke bagian rumah yang lain. Maka terjadilah kebakaran.

Jadi, sudah saatnya kita rajin memeriksa instalasi listrik di tempat tinggal kita agar peristiwa kebakaran dapat diminimalisir. Sehingga tidak memakan kerugian yang besar baik berupa harta benda juga nyawa. (War)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini