Sukses

Heboh, Gaji Pendamping Wali Kota Makassar Ngalahin Gaji Presiden

Membicarakan gaji menyangkut hal-hal yang sensitif. Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan yang mengulas besarnya

Citizen6, Jakarta Membicarakan gaji beberapa orang masih menganggap hal yang sensitif. Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan yang mengulas besarnya honorarium Tim Pendamping Wali Kota Makassar. Besaran gaji yang diterima tim pendamping tersebut bahkan mengalahkan gaji resmi seorang presiden. Hal itu memicu kontroversi di masyarakat.

Memangnya berapa gaji Tim Pendamping Wali Kota Makassar?

Rata-rata satu orang dari enam koordinator tim pendamping ini, menerima gaji Rp 86,6 juta per bulan. Pendapatan mereka jelas lebih tinggi dari gaji resmi seorang presiden di negara ini, yaitu Rp62.740.000 sebulan. Apalagi wakil presiden yang hanya Rp42.160.000. Gaji para pendamping ini juga jauh lebih tinggi dari gaji resmi para menteri, jaksa agung, Panglima TNI, dan pejabat setingkat kementerian yang hanya Rp18.648.000.

Tak hanya itu, gaji  tim pendamping itu jauh lebih tinggi dari gaji resmi Ketua DPR RI, yaitu Rp30.908.000 dan Ketua Mahkamah Agung Rp24.390.000. Akibatnya, sejumlah anggota DPRD Makassar meminta wali kota membubarkan tim pendamping ini.

Akan tetapi, Wali Kota Makassar, Dany Pomanto tetap ngotot  mempertahankan adanya tim pendamping wali kota dengan besaran gaji yang sudah ditentukan. Dany menilai, pekerjaan tim pendamping wali kota ini sangat berat. "Segitu itu lebih murah ketimbang membayar auditor profesional," katanya seperti dilansir dari media-media lokal.

Kinerja yang dilakukan Tim Pendamping Wali Kota Makassar ini menyangkut bidang bagian data, smart city, komunikasi, desain kreatif, dan kinerja. Di bidang kinerja, tim pendamping wali kota memiliki delapan tugas, antara lain pendampingan untuk meningkatnya performa SKPD dalam kinerja pelayanan dan pelaksanaan reformasi birokrasi beserta penerapan berbagai program inovasi.

Sebegitu beratkah pekerjaan Tim Pendamping Wali Kota Makassar sehingga mengalahkan presiden? Kita tunggu hasilnya. (War)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.