Sukses

6 Kota di Indonesia dengan Biaya Hidup Paling Mahal

Bagi Anda yang memutuskan untuk merantau dan meninggalkan kota kelahiran, ada baiknya Anda mempertimbangkan biaya hidup di kota

Citizen6, Jakarta Bagi Anda yang memutuskan untuk merantau dan meninggalkan kota kelahiran, ada baiknya Anda mempertimbangkan biaya hidup di kota yang akan Anda tempati. Entah untuk keperluan studi, bekerja, atau pindah domisili.

Untuk mengetahui besaran biaya hidup Anda bisa menggunakan patokan Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan 5 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik. SBH inilah yang nantinya akan menentukan besaran Indeks Harga Konsumen (IHK).

Berikut 6 kota di Indonesia degan biaya hidup paling mahal berdasarkan SBH tahun 2012.

1. Jakarta

Jakarta

Sudah menjadi rahasia umum jika Jakarta menjadi kota dengan biaya hidup paling tinggi di Indonesia. Sebagai Ibu Kota, Jakarta mempunyai IHK sebesar Rp 7.500.726 per bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jayapura

Jayapura

Kota Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Jayapura menempati kota termahal kedua setelah Jakarta dengan IHK Rp 6.939.057 per bulan.

3 dari 6 halaman

3. Ternate

Ternate

Kota Ternate adalah salah satu daerah otonom di Indonesia sejak 4 Agustus 2010 dan menjadi ibu kota provinsi sementara Provinsi Maluku Utara. Kota Ternate mempunyai IHK paling tinggi ketiga, yakni Rp 6.427.357 per bulan.

4 dari 6 halaman

4. Depok

Depok

Kota Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat Indonesia. Letaknya yang berdekatan dengan Jakarta, tepatnya di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta-Bogor membuat Depok menempati IHK paling tinggi keempat, yaitu Rp 6.330.690 per bulan.

5 dari 6 halaman

5. Batam

Batam

Kota Batam terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah Kota Batam terletak di Pulau Batam yang bersebelahan dengan Negara Singapura. Batam mempunyai IHK sebesar Rp 6.307.136 per bulan. Jumlah tersebut mempunyai selisih sedikit dibanding Depok.

6 dari 6 halaman

6. Manokwari

Mnokwari

Manokwari adalah ibu kota Provinsi Papua Barat. Manokwari sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Manokwari. Kota dengan pemandangan alam yang menakjubkan ini mempunyai IHK Rp 6.269.296 per bulan.

Itulah 6 kota dengan biaya hidup paling mahal. Indikator di atas tentu hanya bersifat umum, dengan nilai konsumsi rumah tangga berjumlah 4 jiwa. Artinya, survei tersebut bisa jadi lebih banyak atau lebih sedikit, semuanya tergantung pola hidup Anda. (War)*

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.