Sukses

Pro-Kontra Mesin Kondom Gratis untuk Mahasiswa di China

Mesin berbentuk kotak ini menyediakan kemudahan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan alat kontrasepsi secara gratis.

Citizen6, China Sebuah mesin otomatis yang berada di seluruh kampus di Provinsi Zhejiang, China, baru-baru ini menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, mesin berbentuk kotak ini menyediakan kemudahan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan alat kontrasepsi secara gratis.

Dilansir CCTV News pada Jumat (13/11/2015), mesin yang sudah beroperasi sejak Maret 2015 ini ditempatkan di daerah yang paling sering dikunjungi mahasiswa. Para siswa juga dapat dengan mudah mendapatkan kondom, supositoria kontrasepsi dan gel dengan menggesekkan ID kemahasiswaannya.

CCTVNews/Facebook

Statistik dari departemen yang bertanggung jawab atas mesin tersebut menunjukkan bahwa mesin di Universitas Zhejiang telah mendistribusikan 1000 produk kesehatan seksual, dan sejauh ini digunakan oleh siswa laki-laki.

Namun, keberadaan mesin tersebut tampaknya menimbulkan pro-kontra dan tak disambut baik oleh para siswa. Beberapa siswa khawatir tentang privasi mereka, karena dengan smart card yang digunakan untuk mengakses mesin dapat mengungkap informasi pribadi mereka. Sementara para orang tua khawatir karena anak-anak mereka belum cukup dewasa untuk melakukan seks pranikah.

Dalam menghadapi masalah tersebut, Li Danhe, direktur Komisi Kesehatan dan Keluarga Berencana Provinsi Zhejiang menjelaskan bahwa saat ini mahasiswa memiliki pengetahuan lebih tentang isu-isu seks dan seks pranikah. Mereka juga memikirkan reproduksi yang dapat meningkatkan risiko kehamilan yang tak diinginkan, penyakit menular seksual dan HIV. Oleh karena itu, alat kontrasepsi bisa melindungi mereka dari risiko tersebut.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.