Sukses

6 Makam Raja yang Menarik untuk Berwisata

Wisata sejarah di Indonesia sebetulnya memiliki potensi untuk digali dan dipromosikan.

Citizen6, Jakarta Wisata sejarah di Indonesia sebetulnya memiliki potensi untuk digali dan dipromosikan. Secara historis Indonesia memiliki kerajaan besar seperti Majapahit, Sriwijaya, Singosari, Mataram hingga Padjajaran dan beberapa kerajaan-kerajaan kecil lainnya yang tersebar di berbagai daerah. Sayangnya memang peninggalan berupa candi, artefak dan situs-situs sejarah masih dianggap sebagai benda sejarah. Padahal memiliki nilai spiritual jika ditelusuri lebih dalam lagi.

Seperti dibeberapa negara Islam, kuburan nabi, kuburan sahabat merupakan salah satu promosi wisata sejarah yang banyak diminati berbagai kalangan khususnya umat Muslim sedunia. Siapa yang tak ingin berziarah ke kuburan Nabi Muhammad SAW. Maka, jika Indonesia bisa melihat potensi wisata dari wisata ziarah ini tentu akan lebih menarik lagi dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui pariwisata.

Berikut Travel Blog Reservasi berikan ulasan beberapa makam raja-raja di Indonesia yang bisa kalian kunjungi sebagai permulaan untuk merasakan asyiknya wisata sejarah dengan berziarah.

1. Pemakaman Raja Banggae dan Hadat

Pemakaman raja ini sangat eksotis karena menghadap langsung ke Teluk Majene. Lokasinya berada di Desa Pang Ali-ali, Kecamatan Banggae, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Pemakaman tua untuk para Raja Royal Banggae dan Hadat beserta keluarganya ini terletak di bukut Ondongan.

Inilah bukit tempat peristirahatan terakhir nenek moyang suku Mandar dari Kerajaan Banggae Mejene. Makam yang berada disini hampir seluruhnya memiliki simbol giometris kaligrafi Arab dan memiliki simbol yang menyerupai simbol-simbol di candi yang ada di Pulau Jawa. Dari segi usianya diperkirakan makam ini sudah ada sejak abad ke-16 dan ke-17.

Pengirim:

Dzulfikar Al-A'la

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.