Sukses

6 Hal Ini Harus Dilakukan Saat Kita Sedang Marah

Ketika Anda marah, itu adalah sebuah tanda bahwa ada sesuatu yang perlu diubah dari diri Anda.

Citizen6, Jakarta Apakah Anda pernah mengalami suatu kondisi saat Anda merasa sangat marah, dan merasa ingin membuang bahkan melemparkan semua benda yang ada di depan Anda?

Kemarahan adalah emosi yang paling penting yang Anda miliki. Ketika Anda marah, itu adalah sebuah tanda bahwa ada sesuatu yang perlu diubah dari diri Anda. Ada cara yang dapat dilakukan untuk menangani kemarahan yang terjadi begitu hebat, semuanya tergantung pada situasi yang Anda alami.   

Kemarahan yang tidak cepat diatasi justru akan merugikan diri Anda, namun perlu Anda ketahui, bahwa ketika Anda berhasil mengatasi kemarahan, berarti Anda telah menjadikan kemarahan yang Anda miliki sebagai sebuah batu loncatan bagi Anda untuk menuju perubahan hidup yang jauh lebih besar. 

Pada saat kemarahan itu datang, Anda harus memutuskan mana persimpangan jalan yang harus Anda ambil. Memilih untuk larut dalam kemarahan yang Anda miliki, lalu membiarkan kemarahan tersebut menghancurkan diri Anda, atau mengatasi kemarahan tersebut dan membuat diri Anda menjadi lebih baik. Berikut cara yang dapat Anda ambil ketika kemarahan itu datang ke dalam kehidupan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Yang Terjadi Biarlah Terjadi

Yang Terjadi Biarlah Terjadi

Semua orang memiliki emosi karena suatu alasan, jadi gunakanlah emosi tersebut dengan sebaik mungkin. Memendam rasa kemarahan yang Anda miliki hanya akan membuat keadaan Anda semakin buruk. Hal ini dapat menyebabkan perasaan sakit hati bahkan penyakit jantung.

Jika Anda mencoba untuk menyembunyikan atau mengabaikan kemarahan Anda, itu tidak akan membuat rasa marah tersebut pergi. Kemarahan yang Anda miliki hanya akan mereda untuk waktu tertentu, tapi pada akhirnya nanti Anda akan meluapkan kemarahan Anda di waktu dan tempat lain. Jangan meminta maaf untuk alasan kemarahan Anda. Anda marah untuk alasan yang sah, dan anggaplah itu sebagai langkah pertama menuju cara penyelesaian apa yang selama ini mengganggu Anda.

Biarkan kemarahan itu ada, tapi tetaplah berpikir dengan kepala yang dingin, hal ini untuk memikirkan langkah Anda selanjutnya dalam mengambil keputusan tentang hal yang telah menyebabkan Anda menjadi marah.

3 dari 7 halaman

Emosi Tak Harus Bereaksi

Emosi Tak Harus Bereaksi

Saat marah, Anda mungkin ingin menjadi monster dan menghancurkan segala sesuatu yang ada di depan Anda. Perlu diingat, ketika Anda sedang marah, sering kali justru membuat Anda mengambil sebuah tindakan secara sepihak. Bahkan tindakan tersebut hanya berdasarkan rasa kemarahan sesaat Anda saja agar Anda puas. Setelah Anda sudah berhasil tenang, Anda akan merasa bahwa tindakan yang Anda ambil saat marah tadi sesungguhnya tidak sejalan dengan pemikiran Anda.

Intinya adalah, jangan pernah mengambil sebuah keputusan ketika Anda sedang dilanda kemarahan. Nikmati saja rasa marah tersebut tanpa harus bereaksi, pulihkan ketenangan diri Anda dengan menarik napas yang dalam. Saat Anda mengeluarkan napas, menghitunglah dari satu hingga sepuluh dan ulangi lagi terus menerus. Hal tersebut akan membantu Anda lebih merasa rileks.

4 dari 7 halaman

Diskusikan Kemarahan Anda

Diskusikan Kemarahan Anda dengan Seseorang yang Terpercaya

Ketika Anda mengalami hari yang buruk sehingga membuat Anda merasa frustasi, atau Anda sedang mengalami sesuatu dalam hidup yang menyebabkan Anda stres, temukanlah seseorang yang dapat Anda percaya untuk diajak bicara.

Anda bisa mengajak berbicara anggota keluarga Anda, teman dekat, atau seseorang yang terbiasa bekerja bersama Anda. Bahkan, jika mereka tidak memberikan saran khusus, tindakan sederhana seperti berbagi cerita tentang hal apa yang selama ini mengganggu Anda mungkin bisa membantu Anda menemukan solusi. Ketika Anda melakukan percakapan dengan seseorang yang Anda percayai, Anda akan lebih memiliki kesempatan menemukan solusi atas penyebab kemarahan Anda, dibanding Anda mengungkapkan kemarahan Anda dengan mengeluarkan kata-kata kasar.

5 dari 7 halaman

Menonton Film Komedi

Menonton Film Komedi

Bila Anda sudah mencoba segala cara dan masih tidak bisa menyingkirkan kemarahan Anda, mengapa Anda tidak mencoba untuk tertawa?

Tertawa terbukti dapat menenangkan ketegangan yang Anda miliki dan mampu mendorong relaksasi pada otot tubuh Anda. Selain itu, tertawa terbukti mampu mengurangi beban mental Anda. Tontonlah film komedi ketika rasa kemarahan itu mulai muncul pada diri Anda. Meski selama ini masih banyak kontroversi seputar studi tentang bagaimana tertawa dapat meningkatkan kesehatan Anda, siapa yang peduli? Faktanya, semua orang di dunia ini pasti setuju jika tertawa terbukti lebih terasa menyenangkan dibandingkan dengan marah.

6 dari 7 halaman

Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik

Musik adalah salah satu hal terbaik untuk Anda nikmati ketika sedang berurusan dengan suatu hal yang membuat Anda menjadi marah. Mendengarkan musik agresif yang sesuai suasana hati Anda, memungkinkan Anda untuk bekerja melalui emosi secara lebih produktif. Sedangkan mendengarkan musik yang memiliki tempo lebih lambat (seperti akustik) memungkinkan Anda untuk memperlambat proses berpikir dan menjadikan Anda lebih tenang.

Dengarkanlah lagu-lagu tertentu dengan lirik yang berhubungan dengan apa yang Anda rasakan, hal ini akan membantu Anda menempatkan pengalaman Anda sendiri ke dalam perspektif lain, sehingga juga membantu Anda menemukan solusi atas masalah yang sedang Anda alami.

7 dari 7 halaman

Daftar Penyebab Marah

Membuat Daftar Penyebab Kemarahan

Buatlah daftar semua hal, orang dan situasi yang cenderung membuat Anda marah. Jadikanlah lebih spesifik dan serinci mungkin semua hal yang dapat menyebabkan Anda marah, kemudian lakukan penilaian satu sampai lima pada setiap penyebab kemarahan Anda tersebut. Berikutnya, tentukanlah apakah Anda ingin mengeluarkan satu persatu penyebab kemarahan tersebut dari daftar yang sudah Anda buat.

Jika masih ada bagian di dalam daftar hal yang menjadi penyebab kemarahan Anda, lakukanlah penilaian ulang untuk hal yang menjadi penyebab kemarahan Anda tersebut. Lakukan hal ini secara terus menerus, tak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan, hingga semua bagian di dalam daftar hal yang menjadi penyebab kemarahan Anda tersebut hilang satu persatu. Jangan biarkan ada yang membahayakan kesehatan jantungmu karena terus menerus membuatmu marah.

Kemarahan tidak menyelesaikan apapun, jadikanlah kemarahan yang Anda miliki sebagai bahan bakar untuk melakukan hal yang jauh lebih baik. Ingatlah, kemarahan adalah suatu tanda bahwa setelah Anda mampu melaluinya, Anda akan berada pada keadaan yang jauh lebih baik dari yang sekarang. Jangan biarkan kemarahan merenggut dan menguasai hidupmu.

(soy/ul)

 

Penulis:

Soyid Prabowo

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini