Sukses

7 Foto Selfie Kuno Paling Terkenal di Dunia

Selfi ternyata telah dilakukan oleh orang-orang zaman dulu sebelum kamera secanggih sekarang

Citizen6, Jakarta Kalau boleh bertanya, berapa kali Anda foto selfi dalam sehari? Sering? Yah, tidak ada yang salah. Selfi memang telah menjadi suatu hal yang lumrah pada masyarakat dewasa ini. Fenomena yang awalnya populer di kalangan anak muda ini makin banyak yang melakukan sejak munculnya media sosial serta ponsel yang makin baik kualitasnya.

Saking populernya, 'selfie' bahkan dinobatkan menjadi Word of the Year pada tahun 2013 oleh Oxford English Dictionary. Generasi kita memang tengah berkembang menjadi generasi selfi yang terobsesi dengan aktualisasi diri.

Meski selfi telah menjamur selama lima tahun terakhir, sebenarnya selfi bukanlah sesuatu yang baru. Sejak penemuan fotografi, orang-orang telah mengambil foto diri mereka sendiri.

Walau memang waktu itu mereka masih menggunakan kamera-kamera kuno. Toh hasil yang dihasilkan justru terlihat klasik dan antik. Berikut 10 foto selfi kuno tokoh-tokoh terkenal yang paling mengagumkan yang pernah ada.

1. The Beatles

Anda mungkin tak menyangka. Selain populer dengan lagu-lagu mereka yang melegenda, the Beatles ternyata juga merupakan grup band pertama yang anggotanya berfoto selfi. Lima dekade sebelum selfi booming seperti sekarang.

2. Anastasia

-

Putri Tsar Terakhir Rusia dari keluarga Romanov, Grand Duchess Anastasia, juga pernah mengambil foto selfi dirinya dengan Kodak Brownie. Kamera yang populer pada tahun 1900.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Frank Sinatra

3. Frank Sinatra

Frank Sinatra remaja mengambil foto selfi tersebut di kamar mandinya sendiri di depan lemari kaca. Saat foto tersebut ditemukan oleh cucunya, Amanda Erlinger, cucunya langsung berteriak: Wow, kakek pernah berfoto selfi!

4. Paul dan Linda McCartney

-

Sebelum menjadi istri Paul McCartney, Linda adalah seorang fotografer. Foto tersebut diambil oleh Linda pada tahun 1969. Tampak potret Linda, Paul, serta anak perempuan mereka.

3 dari 3 halaman

Perempuan tanpa nama

5. Perempuan tanpa nama

Foto di atas diambil seratus tahun sebelum hastags, selfi, maupun OOTD menjamur seperti sekarang. Foto tersebut jelas menunjukkan seorang wanita yang tak diketahui namanya berpose di depan cermin dengan kamera kuno.

6. Jackie O

-

Foto selfi bersejarah ini diambil oleh Jackie Kennedy serta adik iparnya Ethel. Di dalam foto tersebut tampak istri Presiden Amerika John F Kennedy, Jacquile Kennedy Onassis atau yang biasa disebut Jackie O.

7. Robert Cornelius

-

Pioner fotografer Robert Cornelius mengambil foto orang pertama yang merupakan potret dirinya sendiri. Foto tersebut diambil pada tahun 1839. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.