Sukses

Mengapa Pakaian Dokter Operasi Warnanya Hijau?

Mengapa hijau? Berikut alasannya.

Citizen6 Jakarta Saat memeriksa pasien, dokter mengenakan pakaian warna putih. Namun ketika sudah masuk ke ruang operasi, sang dokter berganti kostum menjadi hijau. Ternyata warna ini juga menjadi warna khas hampir di setiap negara di dunia.

Lalu, mengapa hijau? Berikut alasannya.

Dinukil dari livescience.com, warna hijau dimaksudkan untuk menetralkan mata dokter setelah lama melihat warna merah. Saat melakukan pembedahan tubuh manusia, seorang dokter akan sering melihat darah.

Dalam artikel itu, disebutkan alasan warna hijau bisa membantu dokter lebih baik. Jika seorang ahli bedah menatap pada sesuatu yang berwarna merah atau merah muda, ia akan menjadi terbiasa dengan warna tersebut sehingga penglihatannya terganggu. Maka dokter butuh warna hijau untuk menetralkannya.

Gangguan itu disebut dengan ilusi optik. Ilusi optik ini terjadi karena lamanya melihat warna merah. Lalu jika dokter melihat pakaian yang berwarna hijau atau biru, ilusi yang mengganggu ini akan hilang dan berbaur tepat dengan warna pakaian.

Hal ini juga berlaku buat kamu yang hobi mantengi layar komputer atau ponsel. Agar mata tidak terasa lelah, disarankan untuk melihat pemandangan hijau. Misalnya pepohonan dan hamparan sawah.  (War)*

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini