Sukses

Membanggakan, Anak SMA Ini Ciptakan Senter Tanpa Baterai

Banyak anak Indonesia yang berprestasi, salah satunya adalah Riqi Akmal Tsaqif dan Muhammad Aditya Wisesha.

Citizen6, Jakarta Dalam rangka Pesta Sains Nasional (PSN) yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor pada 14-15 november 2015, Riqi Akmal Tsaqif dan Muhammad Aditya Wisesha. Dua siswa SMA Insan Kamil Bogor ini menciptakan senter, cukup disentuh bisa menyala.

“Awalnya kita mikir, gimana cara ngurangin limbah batre dan mencari alternatif baru. Akhirnya kita nemu cara buat mengubah panas menjadi listril, terus dicoba aplikasinya senter itu. Sumber energi senternya dari panas tubuh” ujar Rifqi.

Dalam proses percobaanya, kedua siswa SMA ini mengalami beberapa hambatan. “Kita salah milih transistor, sama salah milih kumparannya. Dan kendala waktu juga, kita baru buat ini sekitar 2 minggu sebelum lomba” ujar Adit.

Cara kerja alat ini mereka memanfaatkan sifat seebeck dari thermoelectirc cooler “kita dapat mengubah panas yang dihasilkan tubuh manusia menjadi energi listrik. Namun karena perbedaan panas yang dihasilkan tubuh manusia dan lingkungan hidup tidak terlalu besar, maka voltase yang dihasilkan juga tidak terlalu besar, maka kita gunakan rangkaian Joule Their untuk meningkatkan tegangan. Sehingga lampu LED dapat menyala” ujar adit.

Ciptaan mereka mungkin memang belum bisa digunakan dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Namun, karya mereka ini dapat diperhitungkan untuk manfaat halayak dikemudian hari.

Penulis:

Indah Khairani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.