Sukses

Watulawang, Eksotisme Pantai Tersembunyi di Jogja

Ada banyak tempat wisata di Gunung Kidul Yogyakarta. Namun keelokan tempat wisata ini masihbelum populer.

Citizen6, Jakarta Sebagian orang pasti sudah akrab dengan Pantai Indrayanti yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, D.I Yogyakarta yang terkenal dengan kokohnya batuan karang dan berbalut dengan hamparan pasir putih. Namun, Indrayanti merupakan salah satu yang paling terkenal di antara gugusan pantai di Gunung Kidul.

Di balik ketenaran Pantai Indrayanti yang sudah tak asing di telinga sebagian orang, ternyata ada satu pantai yang tak kalah indah dan masih sepi yang terletak di sebelah barat pantai Indrayanti. Pantai Watulawang namanya, pantai ini menawarkan keindahan pemandangan berupa batuan karang dan hamparan pasir putihnya seperti ciri khas pantai lain di Gunung Kidul.

Pantai Watulawang di apit oleh dua pantai yang sudah terkenal terlebih dahulu yaitu Pantai Indrayanti yang terletak di sebelah barat dan Pantai Pok Tunggal yang berada di sebelah timur pantai ini. Disebut Pantai Watulawang, karena di pantai ini terdapat goa yang menyerupai pintu dan biasanya digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara adat sadranan (upacara yang adat yang dilaksanakan pada bulan sya’ban dalam kalender hijriyah). Pintu batu itu hanya terbuka untuk umum pada upacara adat sadranan saja.

Pantai ini terbagi menjadi 2 bagian berdasarkan letaknya. Bagian pertama terletak di sebelah barat dari goa dan memiliki area pantai yang tidak begitu luas karena di dominasi oleh batu karang. Sedangkan bagian kedua berada di sebelah timur, memiliki area pantai yang lebih luas dan di dominasi oleh pasir putih. Meski masih tergolong sepi, namun jangan khawatir, karena di pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas yang cukup memadai seperti parkir, kamar mandi, dan warung yang di sediakan oleh penduduk lokal.

Pemilik warung juga menyediakan penginapan bagi anda yang ingin bermalam dan menikmati suasana pantai lebih lama. Di sebelah barat pantai ini terdapat sebuah bukit karang yang bisa anda gunakan untuk sekedar bersantai sembari menikmati panorama pantai serta birunya laut dari atas. Lokasi dan Akses Menuju Pantai Watulawang

Secara administratif, Pantai Watulawang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada sejajar dengan Pantai Indrayanti yang berada di sebelah baratnya. Untuk menuju pantai ini, jika di tempuh dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih sekitar 2 jam jika menggunakan kendaraan pribadi dan melalui jalan yang sama menuju ke Pantai Indrayanti.

Setelah sampai di Pantai Indrayanti, anda harus mengarahkan kendaraan ke arah timur menyusuri jalan kecil yang hanya dapat dilalui oleh 1 mobil dan itupun sangat pas dengan ukuran mobil. Selain itu, akses jalan yang anda lalui pun masih berupa tanah dan bebatuan kapur. Di jalan itu sudah terdapat papan petunjuk yang menunjukan Pantai Watulawang berjarak 200 meter.

- Jangan khawatir bagi yang tidak ingin membawa kendaraan pribadi, selain menggunakan kendaraan pribadi anda juga dapat menggunakan kendaraan umum. Anda dapat memanfaatkan bus jurusan Yogya-Wonosari, kemudian turun di terminal dan melanjutkan dengan angkutan menuju ke pantai.

Rute yang bisa di lewati untuk menuju ke Pantai Watulawang jika menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Yogyakarta:

• Jika anda dari Yogyakarta, bisa melewati Jalan Imogiri Barat – Panggang – Saptosari – Pantai Baron – Pantai Kukup – Tepus – Pantai Krakal – Pantai Watulawang.

• Tetapi bisa juga dari Yogyakarta langsung menuju Wonosari, setelah itu anda akan menemukan penunjuk arah ke pantai Indrayanti, dan selanjutnya langsung menuju ke Pantai Watulawang. Silahkan datang dan nikmati eksotisme dan ketenangan yang ada di pantai ini bersama teman, kerabat, maupun keluarga.

Penulis:

Dicky Aditya Wijaya

Solo Traveller dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP 2015

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini