Sukses

6 Kutukan yang Diyakini Benar-benar Terjadi

Ternyata ada juga beberapa kutukan yang benar-benar terjadi atau menewaskan orang

Citizen6 Jakarta Hal-hal mistis atau takhayul tidak cuma dipercaya di Indonesia. Cerita-cerita tentang kutukan atau hal-hal yang menyeramkan ternyata juga ada banyak di berbagai belahan dunia lainya. Namun tentu saja, hal seperti ini sulit dipercaya oleh kebanyakan orang karena dianggap tidak masuk akal.

Meski begitu, ternyata ada juga beberapa kutukan yang benar-benar terjadi atau menewaskan orang! Entah karena kebetulan atau tidak, beberapa orang percaya bahwa kutukan berikut ini nyata dan mampu menewaskan orang.

Kursi Thomas Busby

Kursi Thomas Busby

Sepulang kerja, Thomas Busby mendapati mertuanya sedang duduk di kursi kesayangannya. Tanpa tegur sapa, Thomas langsung menghantam kepala mertuanya dengan palu hingga meninggal. Pada tahun 1702 Thomas lantas divonis hukuman gantung. Namun sebelum digantung Thomas Busby sempat mengeluarkan kutukan barang siapa menduduki kursi itu maka akan mati.

Seorang pria duduk di kursi tersebut dan berakhir mengalami kecelakaan mobil yang menewaskannya. Seorang pilot perang yang mencoba duduk di kursi tersebut juga akhirnya tidak pernah kembali lagi dari peperangan. Kursi yang dikutuk tersebut akhirnya disumbangkan ke sebuah museum dengan syarat tidak boleh ada seorangpun yang duduk di atasnya. Sekarang, kursi tersebut digantung dengan aman di dinding museum.

Hope Diamond

Hope Diamond

Batu ini tidak hanya terkenal dengan keindahannya melainkan juga kutukannya. Hope diamond mempunyai harga seper empat milyar dollar. Kutukan yang menyelimuti batu berlian ini diyakini berawal dari Jean-Baptiste Tavernier yang mendapatkan batu tersebut dengan cara mencurinya dari sebuah kuil di India pada tahun 1600. Batu berlian besar tersebut merupakan salah satu mata dari patung dewi di kuil Hindu. Berlian tersebut kemudian dipotong dari berat aslinya yang lebih dari 100 karat.

Kutukan yang mengikutinya telah menewaskan banyak bangsawan yang memakainya mulai dari Louis XVI, Marie Antoinette, hingga pangeran Ivan Kanitovski. Cara kematiannya juga mengerikan, mulai dari pemenggalan, mutilasi, pembunuhan, hingga bunuh diri. Hope Diamond akhirnya disumbangkan ke Museum Smithsonian dan kutukan tidak pernah lagi terjadi.

Tambang Belanda

Tambang Belanda

Tidak jauh dari Phoenix, Arizona, terdapat sebuah gunung yang terkenal dengan cerita mistis yang menyelimutinya. Salah satunya adalah kutukan tambang Belanda. Ketika bangsa Spanyol tiba pada tahun 1500an, tanah tersebut ditempati oleh suku Indian Apache yang percaya bahwa gunung mistis tersebut adalah tempat tinggal Dewa Petir mereka. Bangsa Spanyol tidak peduli dengan kepercayaan suku Indian ini dan ingin mencari sebuah kota legenda, yang penuh emas di sana dan tidak peduli dengan peringatan para suku Indian.

Segera setelah berangkat melakukan pencarian, anggota mereka mulai mengalami kematian yang misterius atau tiba-tiba menghilang. Meskipun sudah diperintahkan agar selalu bergerak bersama-sama dan berkelompok, beberapa orang tetap saja hilang dan ditemukan beberapa saat kemudian dalam kondisi tewas dan dengan tubuh yang terpotong-potong.

Film Superman

Film Superman

Tahukah kamu jika lima pemeran Film Superman telah meninggal. Dan meninggalnya diyakini sebagai sebuah kutukan. Sebab beberapa dari mereka meninggal dengan kondisi yang tragis. George Reeves meninggal dengan cara bunuh diri, Christopher Reeves mengalami kecelakaan yang membuatnya lumpuh dan akhirnya meninggal di usia 52, serta Lee Quigley yang memerankan superman ketika masih bayi meninggal di usia 14 tahun setelah menghirup zat pelarut. Selain tokoh utama, beberapa orang lain berkaitan dengan film ini juga dikabarkan mengalami nasib sial yang dipercaya karena kutukan film Superman.

Kabarnya, kutukan ini berasal dari pembuat asli cerita komik superman yang menjualnya ke DC dengan harga yang sangat jauh di bawah pendapatan yang berhasil diperoleh dari franchise tersebut. Hal ini membuat orang bertanya-tanya, mungkinkah perlakukan tidak adil yang diterima si pembuat komik yang memunculkan kutukan ini? Meski aktor terbaru yang memerankan Superman tidak mengalami kejadian sial, reputasi film ini sebagai film yang dikutuk masih saja ada.

Vas Basano

Vas Basano

Vas Basano milik perempuan asal Italia yang dibunuh jelang pesta perkawinannya. Konon sebelum tewas wanita tersebut sempat mengatakan akan membalas dendam atas kematiannya. Dia meninggal dengan kondisi vas masih di tangan. Dari tangannya, vas tersebut kemudian diberikan secara turun-temurun ke garis keturunan keluarganya. Namun siapapun yang menyimpan dan memiliki vas tersebut akan segera meninggal. Setelah terjadi beberapa kali kematian yang tak terduga, keluarga kemudian menyimpan vas tersebut dalam kotak dan disingkirkan.

Tahun 1988, vas tersebut ditemukan kembali dengan catatan bertuliskan, hati-hati, vas ini membawa kematian. Meski begitu, peringatan tersebut tidak dihiraukan dan vas tersebut dilelang. Vas ini kemudian secara bergantian dibeli oleh 4 orang dan mereka semua meninggal dalam waktu tidak lebih dari 3 bulan. Tidak ada satu museum pun yang mau menyimpan vas tersebut. Akhirnya vas tersebut kembali dikubur di lahan pemakaman terdekat.

Mobil James Dean

Mobil James Dean

Aktor James Dean memiliki sebuah mobil Porsche 550 Spyder. Ia memodifikasi mobil tersebut kemudian memamerkannya kepada teman sesama aktor, Alec Guinness. Alec mengatakan padanya bahwa mobil tersebut menyeramkan dan mengatakan jika Dean naik mobil tersbut, ia akan ditemukan tewas seminggu kemudian. 7 hari kemudian, James Dean ditemukan tewas dalam mobil tersebut karena kecelakaan

.Kutukan tidak berhenti di sana, George Barris yang memodifikasi mobil tersebut untuk James Dean membeli sisa-sisa prosche tersebut, namun mobil tersebut tergelincir dari truk dan mematahkan kaki seorang mekanik. 3 mobil kemudian mendapatkan beberapa suku cadang dari bekas mobil ini, dan 3 orang pria yang mengendarai mobil tersebut mengalami nasib sial. 1 orang meninggal, dan 2 orang lainnya cedera parah. Mobil ini kemudan dipamerkan sebentar di sebuah galeri keamanan jalan raya, tapi garasi tempat menyimpan mobil tersebut kemudian terbakar habis. George Barris kemudian mendapatkan mobil tersebut sekali lagi, mobil tersebut hilang saat transit dan tidak pernah lagi ditemukan.

Percaya atau tidak, itulah enam kutukan yang diyakini benar-benar terjadi. Apakah kamu percaya kutukan itu nyata, atau hanya memang kemalangan orang-orang semata? (war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini