Sukses

Tan​ta Ginting, Insinyur Amerika yang Banting Setir Jadi Aktor

Tanta pernah bekerja sebagai tenaga electronic engineering di perusahaan ternama di negeri Paman Sam.

Citizen6, Jakarta Aktor yang mulai populer sejak berperan sebagai Sutan Syahrir di Film Soekarno ini ternyata adalah seorang insinyur. Namanya Tanta Ginting. Tanta mendapat gelar sarjananya tersebut melalui DeVry University California jurusan teknik elektro. Sebenarnya, Tanta ingin kuliah di bidang seni, tetapi sangat disayangkan orang tuanya tidak menyetujui hal tersebut.

Sesuai dengan gelar sarjana yang dicapainya, Tanta pernah bekerja sebagai tenaga electronic engineering di perusahaan yang cukup ternama di negeri Paman Sam, seperti perusahaan Northrop Grumman Space Technology dan FANUC America. Tetapi tetap saja, dia lebih memilih dunia seni yang sesuai dengan talenta yang dimilikinya.

“Seni itu bukan sesuatu yang dipilih. Biasanya seniman sudah lahir dengan talenta itu, dari kecil yang aku ingat cuma seni. Mau ngerjain hal lain pun pasti balik lagi ke seni. Jadi aku ikutin aja talenta itu,” ujar pemeran film aksi komedi, Skakmat ini. ​

Tanta  pernah bekerja sebagai tenaga electronic engineering di perusahaan ternama di negeri Paman Sam

Pada 2008, Tanta Ginting berhenti dari pekerjaannya di bidang sains, dan memberanikan diri kembali ke Indonesia walaupun ditentang orang tuanya. Alasan Tanta pindah ke Indonesia adalah untuk memulai kariernya di bidang seni. Tetapi jalan untuk menuju kesuksesan di bidang ini tidaklah mulus, Tanta banyak mengalami kesusahan. Namun berkat kerja keras yang dilakukannya, ia dapat sukses seperti sekarang ini.

“Lega. Karena kerja kerasnya enggak sia-sia,” jawabnya, saat di tanya bagaimana perasaan Tanta Ginting yang sudah memiliki pencapain seperti saat sekarang ini. Tanta berharap ia dapat terus berkarya di dunia seni yang sudah membesarkan namanya tersebut.

Kemunculan perdananya di pentas, saat ia terlibat dalam drama musikal Gita Cinta the Musical. Lalu pada pertunjukan musikal Laskar Pelangi, ia langsung memperoleh peran yang sangat penting, sebagai Ikal dewasa yang bermonolog, membuka kisah anak-anak warga gantong yang tak menyerah pada nasib.

Sebagai bentuk totalitasnya dalam berkesenian, Tanta menghabisi rambutnya yang sebelumnya gimbal.*

Penulis : Febi Eninta Munthe ( Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro )

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.