Sukses

10 Profesi dengan Gaji Fantastis di Indonesia

Profesi-profesi berikut memperoleh gaji yang fantastis di Indonesia. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Tinggi-rendahnya gaji biasanya ditentukan oleh jenis profesi serta pengalaman yang dimiliki oleh seseorang. Namun demikian, sudah tentu memiliki pekerjaan bergaji tinggi merupakan impian semua orang. Berikut 10 profesi dengan gaji fantastis di Indonesia.

1. Pilot pesawat komersial

Dengan tanggung jawab yang besar, pantas kiranya profesi yang satu ini diberikan gaji yang tinggi. Belum lagi biaya sekolah penerbangan yang mahal dan tuntutan jam terbang yang tinggi. Di Indonesia, pilot pesawat komersial memiliki gaji yang berbeda sesuai dengan kebijakan maskapai penerbangan yang bersangkutan. Maskapai Lion Air, misalnya, menggaji pilotnya sekitar Rp 45 juta per bulan. Sedangkan maskapai Garuda memberi gaji pilot mereka mencapai Rp 70 juta per bulan.

2. Ahli teknik perminyakan

Profesi yang satu ini juga merupakan profesi idaman banyak orang. Dengan gaji yang fantastis, wajarlah kiranya banyak orang berlomba-lomba bekerja di perusahaan minyak. Perusahaan minyak nasional Pertamina, misalnya, memberi gaji Rp 7 juta per bulan untuk fresh graduate. Sementara untuk level senior, gajinya mencapai Rp 150 juta per bulan. Padahal gaji ahli perminyakan di Indonesia tergolong kecil dibanding negara lain, lo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Human Resources Manager

3. Human Resources Manager

Mengepalai departemen yang merekrut serta memberdayakan sumber daya manusia terbaik bagi suatu perusahaan bukanlah perkara mudah. Berdasarkan survei Kelly Services, Inc. pada rentang tahun 2012-2013 gaji seorang manajer HRD dengan pengalaman kerja lebih dari 5 tahun mencapai Rp 75 juta per bulan.

4. Dokter spesialis

Gaji seorang dokter di Indonesia tidak memiliki standar yang sama. Perbedaan tersebut biasanya berdasarkan di rumah sakit mana ia bekerja. Jika di rumah sakit swasta gaji seorang dokter spesialis bisa mencapai Rp 50 juta per bulan, di rumah sakit pemerintah hanya Rp 10 juta per bulan.

3 dari 4 halaman

Ahli pertambangan

5. Ahli pertambangan

Satu lagi profesi dengan gaji yang fantastis. Pendidikan yang tinggi serta pengalaman menjadi standar profesi ahli pertambangan. Di Indonesia, ahli geologi yang berkerja di lokasi pertambangan dapat meraup gaji sampai Rp 30 juta per bulan.

6. Ahli teknik informatika

Perkembangan teknologi di Indonesia membuat profesi yang satu ini semakin diperhitungkan. Gaji rata-rata software engineer dan system administrator dengan pengalaman kerja lebih dari 2 tahun di Indonesia sekitar Rp 15 juta per bulan.

7. Manajer pemasaran

Tanggung jawab untuk mengelola sistem pemasaran, strategi, serta analisis pasar membuat gaji seorang manajer pemasaran yang mencapai Rp 60 juta per bulan dianggap pantas. Hal ini tentunya sesuai dengan pentingnya posisi tersebut dalam perusahaan.

4 dari 4 halaman

Anggota DPR

8. Anggota DPR

Pernah bertanya-tanya mengapa begitu banyak orang yang mau mengeluarkan uang banyak saat kampanye untuk menjadi anggota DPR? Ini jawabannya. Gaji anggota DPR di Indonesia menduduki peringkat keempat terbesar di dunia. Dengan gaji pokok Rp 15 juta per bulan dan ditambah tunjangan sana-sini, total gaji yang mereka peroleh per bulan sekitar Rp 46 juta.

9. Ahli Konstruksi

Pembangunan di mana-mana membutuhkan kecakapan dari profesi yang satu ini. Di DKI Jakarta saja, ahli konstruksi dengan pendidikan S1 yang fresh graduate digaji sebesar Rp 20 juta per bulan. Sedangkan untuk yang latar belakang S3 dan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun mencapai Rp 60 juta per bulan.

10. Chief Executive Officer

Jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan ini biasanya ditunjuk oleh dewan direksi. Rata-rata seorang CEO di Indonesia dapat memperoleh gaji sebesar Rp 1 miliar per tahun. Itu bila ia bekerja di perusahaan nasional. Di perusahaan asing, gajinya lebih besar lagi. (sul)**

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini