Sukses

5 Tips Tingkatkan Produktivitas Hidup Kamu

Berbagai cara dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas agar dapat memperoleh hasil terbaik dari pekerjaan yang kamu lakukan.

Citizen6, Jakarta Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas agar dapat memperoleh hasil terbaik dari pekerjaan yang kamu lakukan setiap harinya. Berikut ada lima cara ampuh untuk meningkatkan produktivitas.

1. Membuat Rencana Harian

Hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai pekerjaan kamu sehari-hari adalah membuat rencana. Apapun yang akan kamu lakukan harus di susun sedemikian rupa sehingga pekerjaanmu jelas setiap harinya.

Membuat rencana sangatlah mudah dilakukan. Kamu bisa mulai membuat rencana saat baru bangun tidur. Pikirkan hal apa saja yang ingin kamu lakukan dalam satu hari. Lalu, tuangkanlah rencanamu itu ke dalam catatan kecil atau media lain yang bisa kamu lihat setiap saat.

Buatlah estimasi waktu dalam setiap kegiatan yang kamu rencanakan. Ketika kamu mulai merasakan manfaat dari perencanaan, lambat laun kamu akan dapat membuat perencanaan seluruh kegiatan mingguanmu hanya dalam sehari. Cara ini akan membuat hal-hal berjalan sesuai dengan apa yang kamu kehendaki dan mempermudahmu dalam mencapai tujuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menetapkan Rutinitas

2. Menetapkan Rutinitas

Memiliki rutinitas sangat penting bagi siapapun yang ingin mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaan yang mereka lakukan setiap harinya. Sehingga menetapkan rutinitas merupakan sebuah keharusan. Mulailah mengatur kegiatanmu setiap hari, mulai dari pengaturan waktu bangun di pagi hari, waktu sarapan, berangkat kerja, hingga waktu pulang ke rumah. Dengan menetapkan rutinitas, kegiatanmu sehari-hari akan terkontrol dan kamu akan menghabiskan waktumu untuk sesuatu yang jelas.

Menetapkan rutinitas sangatlah sederhana. Misalnya, setiap pagi kamu harus bangun pukul 05.00 WIB. Setelah itu bersiap-siap untuk berangkat kerja membutuhkan waktu 1-2 jam. Lalu kamu menghabiskan waktumu di tempat kerja selama 10 jam sehari. Kamu harus tiba di rumah pukul 18.00 WIB, kemudian mulai pukul 19.00 WIB kamu menonton tayangan televisi kesukaan hingga pukul 21.00 WIB.

Jika kamu ingin membuat rutinitas baru, janganlah khawatir. karena tubuhmu akan dengan cepat beradaptasi dengan rutinitas baru. Terlebih jika kamu sering mengulang siklus rutinitas baru, tubuhmu akan semakin cepat beradaptasi.

3 dari 5 halaman

Menentukan Prioritas

3. Menentukan Prioritas

Mengetahui tugas mana yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu merupakan suatu langkah awal yang baik. Kamu harus bisa mengetahui kesulitan setiap tugas yang kamu lakukan. Tugas manakah yang kira-kira membutuhkan waktu paling lama untuk dikerjakan. Atau tugas manakah yang kira-kira harus diselesaikan dalam waktu dekat. Tugas-tugas yang penting hendaknya diselesaikan terlebih dahulu. Dengan begitu kamu dapat menentukan prioritas. Setelah prioritas ditentukan, maka kamu tidak akan salah dalam mengambil langkah dan setiap tugasmu akan selesai dengan baik.

4 dari 5 halaman

Beristirahat

4. Beristirahat

Percaya atau tidak, ternyata beristirahat juga dapat meningkatkan produktivitas seseorang. Baru-baru ini sebuah studi di Harvard memperkirakan bahwa perusahaan yang mengalami kerugian hingga 63 juta dolar per tahun diakibatkan karena karyawan yang kurang waktu istirahatnya. Produktivitas menurun karena disebabkan kurangnya waktu tidur bagi karyawan.

Manusia tidak diciptakan untuk terus menerus mengeluarkan energinya. Semakin banyak energi terkuras, maka tingkat produktivitas akan semakin menurun. Ambillah sedikit waktu untuk beristirahat. Beberapa penelitian menyarankan untuk melakukan istirahat selama 15 menit setiap dua jam. Namun durasi istirahat yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda. Hal ini tergantung pada tantangan pekerjaan dan tingkat kesulitannya. Pada intinya, istirahat sangatlah penting untuk meningkatkan produktivitas kerja.

5 dari 5 halaman

Selalu Memastikan Kesehatan Tubuh dan Pikiran

5. Selalu Memastikan Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Untuk meningkatkan produktivitas, diperlukan tubuh dan pikiran yang sehat. Kesehatan tubuh ini dapat diperoleh dengan diet seimbang dan olahraga teratur. Lakukanlah olahraga minimal tiga kali seminggu selama tiga puluh menit. Selain itu kualitas tidur juga perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuh serta pikiran. Hal ini tentunya berhubungan dengan rutinitas yang kamu lakukan. Apabila kamu membuat rutinitas tidur yang baik, maka tubuh akan selalu fit.

(ul)

 

Pengirim:

Osadhani Rahma

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.